Loading your location

Review Pariban: Idola dari Tanah Jawa

By Ekowi13 Mei 2019

Sobat nonton pernah tidak membayangkan kondisi di usia hampir kepala empat, namun belum juga memiliki pasangan? Situasi rumit ini dialami oleh Moan (Ganindra Bimo) dalam film berjudul Pariban: Idola dari Tanah Jawa. Di usianya yang sudah menginjak 37 tahun, pemuda Batak yang telah lama tinggal di Jakarta itu tak kunjung punya pacar.

Situasi ini sontak membuat ibunya yang bermukim di Samosir pusing dan harus turun tangan. Ia memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan sepupunya, Uli (Atiqah Hasiholan). Sang anak awalnya menolak lantaran merasa beda kelas dengan perempuan tersebut. Namun, kasih sayangnya kepada mamanya membuatnya tetap pulang ke kampung halaman.

Film arahan Andibachtiar Yusuf ini terbilang unik. Pasalnya, untuk ukuran drama, Pariban: Idola dari Tanah Jawa justru menyuguhkan banyak bit jokes yang 'pecah', dan menjadi kekuatan utama layar lebar produksi Steico Media Utama itu. Salah satu yang harus diacungi jempol adalah penampilan Rukman Rosadi yang pas dan kocak.

Para pemain yang terlibat juga layak mendapat pujian. Terutama penggunaan figuran-figuran yang memang dipilih asli orang Batak. Faktor inilah yang membuat Pariban: Idola dari Tanah Jawa terasa sangat otentik. Tak terkecuali penampilan aktris utama, Atiqah Hasiholan, yang memiliki garis keturunan Batak. Aktingnya begitu natural.

Hanya saja, jika bicara kekurangan, film ini memiliki masalah dengan durasi yang terbilang terlalu panjang serta jalan ceritanya yang terkesan diulur-ulur. Selain itu, Pariban: Idola dari Tanah Jawa bisa dikatakan tidak mempunyai momen klimaks untuk romansa yang terjalin antara Moan dan Uli. Alhasil, unsur komedinya justru yang menonjol.

Apa yang terjadi ketika Moan pulang ke Samosir? Bersediakah ia dijodohkan dengan Uli? Temukan jawabannya dalam Pariban: Idola dari Tanah Jawa yang sedang tayang di seluruh bioskop Indonesia. Buat sobat yang ingin nonton, bisa cek jadwalnya di sini.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

Loading...

NOW PLAYING

MISSION MANGAL
AYU ANAK TITIPAN SURGA
ANNA
THE LION KING

COMING SOON

LORONG
#MOVEONAJA
AD ASTRA
TEEN SPIRIT