Loading your location

Review Doraemon: Nobitas Chronicle of The Moon Exploration

By Ekowi31 Maret 2020

Meski telah menyajikan kita sajian penutup yang menjadi akhir petualangan Doraemon lewat Stand By Me di tahun 2014 silam, tetapi rupanya petualangan sang robot kucing tidak berakhir begitu saja. Pasalnya, Doraemon dan kawan- kawannya kembali hadir menyapa kita dalam film stand-alone yang menjadi andalan mereka bertahun-tahun di luar serialnya yang tentunya senantiasa dinantikan tiap minggunya. Tahun 2020 ini, mereka hadir dalam Doraemon: Nobita’s Chronicle of The Moon Exploration yang disutradarai oleh Shinnosuke Yakuwa berdasarkan pada narasi tulisan Mizuki Tsujimura.

Doraemon: Nobita’s Chronicle of The Moon Exploration sebenarnya bukanlah film pertama di mana Doraemon dan rekan- rekannya mengeksplorasi luar angkasa, karena di seri Nobita and the Space Heroes yang dirilis pada tahun 2015 lalu, Doraemon telah mengajak kita semua untuk berpetualang ke luar angkasa. Namun jika dibandingkan dengan seri terbarunya kali ini, seri tersebut jelas kalah dari segi aksi serta alur cerita yang lebih terjangkau bagi anak- anak.

Film ini menceritakan tentang Nobita yang melihat bahwa Bulan tiba-tiba menguning dan melemparkan bayangan putih. Doraemon lalu menggunakan alat yang dinamakan History Explorers Club Badge, dan menemukan bahwa ada seorang gadis misterius yang tinggal di sisi terjauh Bulan. Di sekolah, Nobita lalu menceritakan tentang hal tersebut kepada teman-temannya, namun yang terjadi dia malah ditertawakan oleh teman-teman sekelasnya. Di saat bersamaan, guru mereka memperkenalkan seorang murid baru yang misterius bernama Luka. Ternyata, hanya Luka lah yang percaya dengan cerita Nobita tadi. Nobita kemudian berencana mengajak Luka ikut bersamanya ke Bulan. Tak disangka, penjelajahan mereka ke Bulan dihalangi oleh Diabolo dan anak buahnya yang menginginkan kekuatan Luka beserta keluarganya.

Seperti film-film terdahulunya, pada seri ini tim pembuat film tetap konsisten dalam menciptakan dunia baru untuk memukau para anak-anak hingga orang dewasa sekalipun lewat imajinasi dalam menciptakan makhluk-makhluk seperti koloni kelinci Bulan hingga mitologi Kaguya. Ya, layaknya film-film petualangan Nobita dan Doraemon yang
sebelumnya, Chronicle of The Moon Exploration memang sama-sama menghadirkan keseruan geng-geng tercinta kita dalam mengeksplorasi keajaiban yang kini termediumkan lewat makhluk asing yang berasal dari Bulan tersebut. Animasi yang dihadirkan tampak sederhana namun tetap khas Doraemon, sehingga kita yang sudah menjadi penggemarnya bertahun- tahun pun akan tetap jatuh cinta. Sebuah tontonan keluarga yang ringan dan pastinya akan mengubah mood sobat nonton ketika menontonnya.

Keputusan untuk lebih memilih original story dalam film ke-39 dari franchise komik garapan Fujiko F.Fujio ini layak untuk diacungi jempol. Tensi cerita yang kental dengan persahabatan layaknya seri Doraemon pada umumnya
masih mendominasi dan lebih terasa meski tidak sekuat Doraemon: Great Adventure in The Antarctic Kachi Kochi misalnya, yang mampu membuat penonton meneteskan air mata. Cerita di seri kali ini yang lebih sederhana, serta aksi laga yang tidak terlalu ekstrim, membuatnya akan lebih cocok ditonton seluruh anggota keluarga.

Sejatinya, Film ini ingin memberi gambaran pada manusia untuk tidak merusak lingkungan karena kita sendiri yang akan menanggung akibatnya kelak. Digambarkan pula bahwa manusia akan mendambakan lingkungan yang nyaman walaupun pernah menggunakan kekuasaan untuk mengeksploitasinya. Juga perlu adanya sebuah pemberontakan untuk mengembalikan kekuasaan tersebut ke jalan yang benar.

Secara keseluruhan, Doraemon: Nobita’s Chronicle of The Moon Exploration adalah petualangan Doraemon dan kawan- kawan di luar angkasa yang menegangkan, penuh aksi, penuh tawa dan mampu menyampaikan pesan moral kepada anak-anak dengan sangat baik. Film ini juga cocok untuk ditonton bersama anak-anak sambil menjelaskan kepada mereka bahwa kebaikan yang dilakukan bersama-sama akan memunculkan manfaat yang luar biasa pula. La… La… La…, aku sayang sekali, Doraemon…

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

Loading...

NOW PLAYING

GHOST HOUSE
TENRIPADA
SURGA PUN IKUT MENANGIS

COMING SOON

BLOODSHOT
KILLERMAN
TRAUMA CENTER
THE MOTHER