Loading your location

Review Mr. Zoo: Lebih Menghibur Dibanding Dolittle

By Ekowi31 Maret 2020

Meski berada di masa-masa awal krisis virus corona, di negara asalnya yakni Korea Selatan, Mr. Zoo: The Missing VIP yang merupakan garapan Kim Tae-Yun ini nyatanya mampu sukses secara komersial. Filmnya sendiri dibintangi oleh aktor-aktris Korea Selatan terkenal seperti Lee Sung-min, Kim Seo-hyeong, serta Bae Jeong-nam. Jika sobat nonton tak asing dengan sosok Dr. Dolittle, kisah film ini memang memiliki kemiripan dengan tokoh yang juga bisa berbicara dengan hewan tersebut. Namun, seberapa mirip kisahnya?

Alkisah, Tae-ju (Lee Sung-min) adalah anggota dari agen keamanan pemerintah yang baru saja naik pangkat. Tae-ju adalah seorang sosok yang tak suka dengan binatang apapun karena ia menganggapnya menjijikkan. Suatu ketika, divisinya mendapat tugas berat untuk melindungi seekor panda bernama Ming-Ming yang menjadi simbol kedamaian hubungan antara Korea dan Cina. Satu kelompok teroris berhasil menculik sang panda dan dalam aksi pengejaran, Tae-ju mengalami kecelakaan hingga kepalanya terbentur ke jalan. Setelahnya, Tae-ju mengalami hal aneh yakni ia mampu berbicara dengan binatang. Walau dianggap tidak waras, berbekal kemampuan barunya bersama seekor anjing polisi bernama Ali, Tae-ju pun melacak jejak sang panda.

Walau tokohnya memang mirip Dr. Dolittle (yang kebetulan dirilis nyaris bersamaan), namun kisah film ini sangat berbeda dan cukup segar. Kalau boleh dibilang, Dr. Zoo jauh lebih menghibur daripada film yang dibintangi Robert Downey Jr tadi. Plot investigasi kriminal, unsur komedi, dan fantasi dikombinasi dengan baik oleh film ini, plus tokoh-tokoh binatang yang amat mencuri perhatian penonton. Ali dan Ming-Ming, bersama sekilas sosok binatang lainnya menjadi pemicu utama sisi komedinya, tentunya di luar aksi konyol Tae-ju. Beberapa kali polah dan banyolan mereka memang sungguh memancing gelak tawa. Kapan lagi kita bisa mendengar seekor harimau menyanyi satu lagu pop Korea? Dialognya memang tidak dimaksudkan sebagai sebuah candaan, namun aksi polah mereka lah yang mengundang tawa penonton.

Dari sisi cerita, satu hal paling mengganjal adalah lubang plotnya yang sangat mengganggu di banyak momen. Banyak hal tak terjelaskan yang bertujuan untuk memaksakan sebuah adegan atau banyolan. Iya memang ini film komedi, apa saja bisa terjadi, namun lubang plot seharusnya bisa ditambal agar lebih elegan dan tidak diumbar semudah ini. Namun, kelemahan ini sedikit tertutup oleh momen dramatik di beberapa adegannya. Satu momen sesaat ketika sang anjing diselamatkan oleh Tae-ju, disajikan manis dan menyentuh, memperlihatkan kehangatan hubungan antara sang anjing dan majikannya. Tentu saja bukan hal mudah dalam membuat adegan semacam ini, karena melibatkan “dialog” antara anjing dengan manusia.

Ide Mr. Zoo: The Missing VIP memang tidak baru, namun kisahnya masih menghibur dan hangat, sekalipun terdapat kejanggalan cerita di sana-sini. Setidaknya, di film ini sosok sang anjing diperankan oleh anjing sungguhan, bukan CGI seperti dalam film The Call of the Wild yang dirilis beberapa waktu lalu. Walaupun karakter Ming-Ming tampak seperti sebuah “boneka”, tapi tak apalah, hal tersebut masih bisa dimaafkan. Kesulitan pengambilan gambar dengan binatang seringkali juga diakali dengan penggunaan close up dan transisi editing, yang menjadi terkesan “murah” memang, tapi jelas lagi-lagi masih bisa dimaklumi, ketimbang menggunakan CGI yang pada akhirnya malah akan terlihat artifisial.

Mr. Zoo: The Missing VIP juga memberikan penggambaran bahwa seekor anjing dengan manusia dapat menjalin persahabat yang begitu akrab, setia dan aman berada di sekeliling anak-anak. Hal ini pun lagi-lagi akan menyentuh perasaan para penonton. Meski sesekali bisa membuat air mata menetes, Mr. Zoo: The Missing VIP sesungguhnya adalah film yang dikemas secara ringan, sehingga penonton dapat dengan mudah menangkap pesan yang ada. Selain itu, kehadiran aktor dan aktris terkenal sebagai pengisi suara binatang juga menjadi penambah unsur komedi film ini. Salah satunya ialah Yoo In-na yang menunjukkan suara centil dan menggemaskan seperti yang ditampilkan dalam drama korea Goblin dan Touch Your Heart.

Secara garis besar, Mr. Zoo: The Missing VIP adalah tontonan yang cocok bagi sobat nonton yang memiliki hewan peliharan di rumah. Namun bagi yang tidak memiliki hewan peliharaan pun, film ini tetap mampu memberi pesan yang kuat bagi kita semua untuk mau menyayangi hewan-hewan yang berada di sekitar kita.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

Loading...

NOW PLAYING

JANGAN SENDIRIAN
HONEST THIEF
GREENLAND
STAND BY ME DORAEMON 2

COMING SOON

RUN
AVA
THE WAR WITH GRANDPA
JODOHKU YANG MANA? (MOLULO 2)