Loading your location

Review Rasuk 2: Film Horor dengan Visual dan Tata Suara Istimewa

By Ekowi06 Januari 2020

Jamaknya, poster berguna selaku media promosi untuk menarik penonton, memberi sekilas gambaran mengenai konten suatu film. Tapi dalam Rasuk 2, selaku produksi gabungan kesekian kalinya rumah produksi Dee Company bersama MD Pictures, akan mengangkat esensi poster ke tingkatan lebih jauh, yakni memprediksi apa yang penonton rasakan kala menyaksikan filmnya.

Film Rasuk 2 mengisahkan tentang kehidupan seorang mahasiswi kedokteran bernama Isabella (Nikita Willy), yang tengah menjalani koas. Tapi, dia merasa tidak nyaman karena kemampuan indera keenam yang dimilikinya. Dia pun berupaya kuat menganggap mereka yang gaib tidak ada, agar bisa hidup dengan normal.

Suatu hari, kejadian di ruang autopsi saat membedah satu jenazah wanita tanpa identitas kemudian mengubah kehidupan Isabella. Arwah jenazah itu kini terus mengikutinya, menerornya, bahkan merasukinya untuk meminta pertolongan. Kondisi ini mengganggu hubungan pertemanan dan studi Isabella. Satu-satunya orang yang memahami kondisi Isabella saat ini adalah sang kakak, Fransisca Inggrid (Asri Welas).

Di tengah usahanya melepaskan diri dari gangguan gaib yang mengancam jiwanya, Isabella jatuh cinta dengan Radja (Achmad Megantara). Radja adalah orang pertama selain sang kakak, yang memahami kelebihan indera keenam Isabella. Namun, gangguan yang dialami Isabella semakin menjadi dan membawanya menguak tabir misteri dibalik kematian arwah wanita tadi. Mengetahui hal ini, Isabella pun menggunakan kemampuan indera keenamnya dan membantu sang arwah menyelesaikan urusannya. Meski, nyawa Isabella pun menjadi taruhannya.

Lantas, bagaimanakah kelanjutan kisah Isabella? Apakah dirinya bisa lepas dari teror arwah wanita tersebut? Hal apakah yang sebenarnya terjadi dibalik kematian wanita tersebut?

Rasuk 2 yang kembali mengadaptasi novel berjudul sama karya Risa Saraswati, sebuah nama yang sudah tak asing lagi dalam dunia perfilman. Bukan seorang sutradara, produser, maupun aktor. Namun, dia adalah penulis novel fenomenal Danur. Dibuka lewat presentasi sinematografi paling cantik sepanjang film, walau konteksnya layak dipertanyakan, dan baru dijawab menjelang akhir, itu pun tetap tak masuk akal. Tapi inilah film produksi KKD (KK Dheeraj). Alangkah baiknya demi kesehatan penonton, logika serta akal sehat disimpan rapat-rapat sebelum menonton.

Adegan-adegan yang ditampilkan setelah opening tadi rupanya banyak yang kurang bisa diresapi. Aspek cerita yang ditampilkan terkesan kurang matang. Di mana, tempo cerita pada film ini terlalu cepat dengan waktu dan ruang yang terbatas. Sebagai contoh, adegan roh halus yang membabi buta merasuki terlihat tanpa proses cerita yang memadai. Adegannya terfokus pada bagaimana sosok roh halus yang merasuki mereka dan selalu mencoba melukai orang lain. Sayangnya, motif si roh halus yang ingin melukai orang lain itu tidak kuat.

Konsep “kerasukan” dalam film ini seakan menjadi tempelan belaka tanpa adanya pemahaman tentang konsep mistik yang berkaitan dengan roh. Maksud yang ingin dibangun dalam film ini sejatinya bisa dimengerti banyak orang, di mana orang akan mudah mengalami kerasukan jika mereka memiliki mental lemah dan rasa benci. Akan tetapi, motif mental dan benci itu tidak terlalu kuat.

Namun begitu, film ini berhasil menyuguhkan visual menarik, disertai dengan tempo editing yang cukup pas di beberapa adegan, seperti pada opening scene-nya yang mampu menggambarkan pendahuluan cerita film ini. Judul film yang muncul setelah opening scene juga sangat meyakinkan. Selain itu, yang istimewa lagi, tata suara Rasuk 2 ternyata telah menggunakan teknologi Dolby Atmos sehingga akan menguatkan kesan saat menikmati film ini.

Dolby Atmos sendiri merupakan tata suara yang akan memberikan sensasi berbeda. Suara akan dipecah menjadi 128 bagian yang dikeluarkan oleh speaker yang berbeda-beda pula. Teknologi ini dapat menampung 64 speaker dalam satu studio. Sebelumnya, Dolby hanya menggunakan 12 speaker dari samping kiri, kanan, dan belakang penonton. Dengan Dolby Atmos, suara akan menggema dari berbagai arah. Jadi, untuk merasakan sensasi menonton film Rasuk 2 yang lebih maksimal, sobat nonton disarankan untuk menonton film ini di jaringan bioskop yang telah memiliki fasilitas Dolby Atmos!

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

Loading...

NOW PLAYING

BAD BOYS FOR LIFE
TANHAJI: THE UNSUNG WARRIOR
NYANYIAN AKAR RUMPUT
PLAYING WITH FIRE

COMING SOON

SEMESTA
VANGUARD
THE POISON ROSE
NIKAH YUK!