Loading your location

Review The Operative: Film Spionase yang Sarat Rahasia, Pengkhianatan, dan Kejutan

By Ekowi31 Maret 2020

Belum lama ini kita semua disuguhi oleh film bertema spionase arahan Luc Besson yang berjudul Anna. Kini, hadir sebuah film berpremis serupa yang menghadirkan tokoh femme-fatale berjudul The Operative. Mungkin banyak orang yang menganggap bahwa genre ini merupakan tonton cheesy yang terlihat bodoh. Namun sejak kapan pula film berpremis seperti ini menjadi destinasi para pencari film berintelegensi tinggi?

The Operative bercerita tentang Rachel (Diane Kruger), yang merupakan agen mata-mata yang direkrut oleh Mossad, organisasi yang bermarkas di Israel. Dia merupakan perempuan yang berbakat dalam menjalankan misinya. Suatu hari, Rachel ditugaskan untuk menyamar. Dia harus pergi ke Iran dan menyusup ke sebuah program nuklir. Rachel harus mencari informasi yang diperintahkan para atasannya.

Agar tidak bocor, dia menyamar sebagai guru bahasa Prancis dan Inggris. Rachel juga mengubah bentuk tubuhnya dari perubahan lekuk pinggang hingga rambut. Saat menjalankan tugasnya, Rachel banyak berkomunikasi dengan banyak orang. Sepertinya hal itulah yang kemudian mengubahnya dari misi awal. Rachel justru hilang dari jangkauan rekan- rekannya. Ada dugaan bahwa dia telah membelot dan tidak ingin lagi dikendalikan. Kini bahaya mulai mendekati Rachel. Tidak hanya dari pihak Iran, bahaya juga mengincarnya dari pihak Israel.

Gimmick utama The Operative adalah cara bertuturnya yang dipenuhi oleh alur penuh tikungan, seolah mencerminkan dunia spionase yang sarat rahasia, pengkhianatan, dan kejutan. Terlihat normal di permukaan, tapi fakta ternyata tidak selalu sama dengan apa yang terlihat. Begitulah prinsip film ini. The Operative coba menggiring penonton dalam petualangan berisi kejutan-kejutan yang memiliki bentuk serta timing yang tidak terduga. Kecuali di klimaks, sulit menerka kapan Yuval Adler sebagai sutradara sedang mempermainkan ekspektasi kita dan dalam bentuk apa kejutan-kejutan tersebut akan muncul. Sebab kisahnya sendiri tidak berputar di sekitar satu skema besar, entah soal menyelamatkan dunia, usaha pembunuhan, atau misi-misi lain, yang mana lebih gampang ditebak polanya.

Cerita film ini sejatinya sederhana, yakni mengenai perjuangan sesosok wanita mengejar kebebasan sembari merangkak keluar dari lubang kehidupan yang terkungkung. Sentuhan feminismenya mungkin terasa hambar, namun sulit disangkal, Yuval cukup ahli menyampaikan tema itu. The Operative juga ditulis lewat kisah character-based yang tak mengedepankan pernak-pernik plot, membuat filmnya mengalir bak buku harian seorang mata-mata. Rachel bertemu satu demi satu dengan figur yang awalnya dingin nan misterius, lalu mulai mengenal lebih jauh bahkan mengunjungi ruang personal masing-masing, sehingga di mata penonton pelan-pelan sisi kemanusiaan mereka pun mulai nampak.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cerita tentang agen rahasia mata-mata wanita yang menunjukan bahwa “kecantikan saja tidak cukup” sudah ada begitu banyak. Sebelum Anna milik Luc Besson, masih ada Red Sparrow, thriller Perang Dingin mengenai seorang ballerina Rusia (yang diperankan Jennifer Lawrence) yang menjadi mata-mata dan menggunakan kecantikan serta kepintarannya sebagai senjata.

Namun agaknya, kehadiran judul-judul tadi telah menjadi kabar buruk bagi film ini. Dengan versi cerita yang lebih pintar dan lebih canggih, The Operative terasa seperti menjadi pengulangan untuk film bergenre serupa. Bahkan tiga tahun sebelumnya, aktris pemenang Oscar Charlize Theron juga sudah muncul dalam Atomic Blonde yang mengusung cerita berkonsep hampir sama namun terlihat jauh lebih stylish.

Akan tetapi, lagi-lagi, jika sobat nonton ingin menyaksikan sepak terjang seorang karakter perempuan yang kuat, berbahaya dan mematikan, The Operative sayang untuk dilewatkan begitu saja. Karena nilai plusnya, banyak momen cukup thrilling yang disajikan di sepanjang film ini.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

Loading...

COMING SOON

HEREDITARY
EYES ON ME : THE MOVIE
EXTREME JOB
PARASITE