Loading your location

Review The Hunt: Penuh Teka-Teki dan Aksi Menegangkan

By Ekowi25 Februari 2021

Film-film yang bertema "survival games" memang sedang nge-trend beberapa tahun belakangan ini. Perpaduan antara misteri dan suasana mencekam, serta memacu adrenalin menjadi daya tarik utama permainan tersebut. Bagi yang belum tahu, kisah dalam film bertema tersebut biasanya adalah beberapa karakter yang dikurung di dalam satu tempat atau ruangan. Untuk bisa keluar, mereka harus memecahkan setiap teka-teki yang ada di dalamnya.

Ide dan konsep yang terasa keji tersebut coba dimodifikasi oleh film The Hunt, bagaimana jika manusia-manusia terpilih harus berusaha mempertahankan hidup mereka di dalam sebuah arena buatan rekan mereka sesama manusia?

Film The Hunt sendiri bercerita tentang dua belas orang asing yang terbangun di sebuah lapangan luas dalam keadaan mulut tersumpal kain. Mereka tidak tahu di mana lokasi mereka, atau bagaimana mereka bisa sampai di sana. Di tempat itu, mereka menemukan gudang senjata dan kunci untuk membuka sumpalan di mulut. Mereka tidak tahu bahwa mereka telah dipilih untuk tujuan yang sangat spesifik, yaitu perburuan. Mereka adalah orang-orang pilihan di mana sekelompok elit global lah yang ternyata menjadi dalangnya. Elit global tersebut dipimpin oleh seorang wanita bernama Athena. Lantas, berhasil keduabelas orang tersebut menyelamatkan nyawa mereka masing-masing?

Di belakang film The Hunt rupanya terdapat nama produser kawakan Jason Blum. Sosok di balik kesuksesan banyak film, termasuk franchise Paranormal Activity, Get Out, Us, dan banyak lagi lainnya. Dengan pengalamannya tersebut, ia menunjuk sutradara Craig Zobel untuk merancang ketegangan dan misteri sebagai sajian utamanya. Mereka juga berhasil mendesain setting permainan dalam film The Hunt ini dengan sangat mendetail. Alhasil, film psychological action-thriller ini akan membuat penonton ikut merasakan ketegangan. Selain itu, kita juga akan ikut penasaran dan ikut berpikir untuk mencari jawaban atas setiap tantangan dan teka-teki yang harus dipecahkan sepanjang film.

Walaupun mencekam dan menegangkan, ada satu kelemahan yang mencuat, yakni plotnya sudah terlalu familiar dan mudah ditebak. Sejatinya, The Hunt sudah berupaya menyajikan kejutan bagi penonton pada bagian tengah hingga akhir film. Akan tetapi, plot twist yang disuguhkan terasa tak istimewa. Sehingga tidak terlalu mengejutkan lagi.

Di samping desain produksi ala film-film survival games lainnya, faktor lain yang menyebabkan The Hunt terasa nikmat-nikmat saja untuk dilahap adalah laju penceritaan yang bergegas dan barisan karakter yang tidak terlalu menyebalkan. Kapan terakhir kali kita menonton sebuah film suspense atau thriller di mana sebagian besar karakternya dapat diberi simpati dan kalian tidak mengharapkan mereka mati? Dan untuk itu, The Hunt perlu diberi sedikit tepuk tangan.

Yang juga perlu diapresiasi adalah upaya sang sutradara dalam menyelamatkan film dari keterpurukan lantaran materi narasi yang kurang memadai. Ya, si pembuat film menyadari betul bahwa skrip film ini mengandung penceritaan yang tipis dan terasa amat familiar di genre-genre sejenis. Itulah mengapa laju penceritaan The Hunt terasa melesat cepat demi menutupi kelemahan skrip dan menjauhkan penonton dari kemungkinan jenuh akibat beberapa trik yang kurang bergigi. Namun, dikarenakan alur dan dialognya yang terasa terlalu cepat, seakan dikejar durasi, maka para penonton yang sebetulnya turut diajak untuk memecahkan teka-teki, tidak sempat untuk berpikir, karena sudah kehabisan waktu.

Meski demikian, bagi para fans thriller yang ingin memacu adrenalin, The Hunt tetap layak untuk dinikmati. Apalagi, film ini mengangkat kisah satir politisi liberal dan konservatif yang saling bersaing hingga menggunakan kekerasan yang cukup kejam. Kisah ini memang dimaksudkan untuk menjadi cermin dari politik Amerika Serikat yang terbelah saat ini. Hal yang jarang sekali diangkat oleh film-film bertema sejenis.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

Loading...

NOW PLAYING

HALLOWEEN KILLS
FAST & FURIOUS 9
NO TIME TO DIE
GODZILLA VS KONG

COMING SOON

MALIK & ELSA
MR. ZOO
YOWIS BEN 3
KAMEN RIDER REIWA: THE FIRST GENERATION