Loading your location

Review 6/45: Ketika Tentara Korea Selatan dan Korea Utara Berebut Tiket Lotre

By Ekowi22 Oktober 2022

Seorang prajurit Korea Selatan (Korsel) yang bertugas di daerah perbatasan dengan Korea Utara (Korut), Park Chun-woo (Go Kyung-Pyo), tak sengaja menemukan sebuah tiket lotre saat tengah jaga malam. Awalnya, Park hanya menganggap bahwa secarik kertas itu hanya untuk iseng, tanpa terlalu berharap mendapat hadiah.

Lucunya, ketika Park mengecek pengundian lotre di televisi, tiket yang ditemukannya itu ternyata menang dengan hadiah sebesar 5,7 miliar won! Ia sontak sangat terkejut serta bahagia bukan kepalang, bahkan sampai pingsan. Bukan hanya karena jumlahnya, tapi juga masa wajib militer (wamil) yang ia jalani akan segera berakhir.

Sialnya, ketika Park sedang berjaga di siang hari, tiket lotre miliknya tertiup angin melewati perbatasan alias masuk ke wilayah Korea Utara! Di sana, tiket tersebut ditemukan oleh seorang prajurit Korut bernama Yong-ho (Yi-Kyeong Lee), yang akhirnya juga mengetahui kalau itu berhadiah 5,7 miliar won. Di titik inilah perselisihan antara Selatan dan Utara dimulai.

Kisah di atas mengawali karya terbaru sutradara Gyu-tae Park berjudul 6/45. Menurut penulis, film ini layak disebut sebagai sebuah sajian komedi yang lucu dan menghibur. Dari premisnya saja, sobat nonton pasti sudah bisa membayangkan atau menebak bakal sekocak apa konflik-konflik yang terjadi di dalamnya.

Salah satu faktor yang membuat 6/45 lucu adalah akting para pemainnya. Alih-alih melihat prajurit yang gagah dan sangar, Gyu-tae justru menyodorkan sosok tentara yang cenderung culun serta ceroboh. Dan itu dilakoni dengan sangat baik oleh aktor-aktor yang melakoninya, baik itu yang memerankan tentara Korsel maupun Korut.

Alhasil, perselisihan antara Korsel dan Korut yang menegangkan di dunia nyata, menjadi sangat kocak di film ini. Terlebih penyebab konfliknya bukanlah soal yang serius, melainkan hanya sebuah tiket lotre yang berhadiah uang alias sepele. Rahang sobat nonton dijamin bakal pegal karena ketawa nyaris tanpa jeda dibuatnya.

Selain itu, komedi situasi yang diciptakan sang sutradara melalui adegan negosiasi antara tentara Korsel dan Korut juga layak diacungi jempol. Menurut penulis, Gyu-tae sukses mengubah momen yang seharusnya serius dan menegangkan tersebut, menjadi kocak dan absurd. Sangat berbanding terbalik dengan serial Crash Landing on You yang tersohor itu.

Jadi, bagi sobat nonton yang butuh film yang ringan, lucu, dan menghibur akhir pekan ini, penulis amat sangat merekomendasikan 6/45. Buat yang tertarik, bisa cek jadwal tayangnya di sini. Happy watching.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Bade Miyan Chote Miyan
Ghostbusters: Frozen Empire
Dune: Part Two
Ronggeng Kematian

COMING SOON

PENGANTIN IBLIS
Kamen Rider Geats X Revice
Kaka Boss
Muslihat