Loading your location

Review Jailangkung Sandekala: Babak Terakhirnya Juara!

By Ekowi25 September 2022

Salah satu film horor Indonesia paling dinanti tahun ini, Jailangkung: Sandekala, sudah tayang di bioskop nasional sejak hari Kamis (22/9) lalu. Berkisah tentang teror supranatural berpusat pada sebuah keluarga kecil berisikan Adrian (Dwi Sasono) dan istrinya Sandra (Titi Kamal), beserta dua anak mereka, yaitu Niki (Syifa Hadju) dan Kinan (Muzakki Ramdhan), yang sedang berlibur ke luar kota.

Ketika berada di sebuah danau yang menjadi destinasi wisata mereka, Kinan secara misterius menghilang tanpa jejak saat matahari terbenam. Keluarga kecil tersebut panik mencari-cari Kinan di daerah yang sangat asing bagi mereka. Sama sekali tidak ada jejak, tetapi terdapat sebuah boneka jailangkung yang mereka temukan di tengah-tengah pencarian yang menegangkan.

Itulah kisah yang tersaji dalam besutan terbaru sutradara Kimo Stamboel tersebut. Menurut penulis, Jailangkung: Sandekala terbilang tampil cukup baik, namun tak sefenomenal karya Kimo sebelumnya, Ivanna (2022). Meski begitu, secara garis besar, produksi Sky Media, CJ ENM, Rapi Films, dan Legacy Pictures ini tetap memenuhi kriteria sebagai film horor yang bagus.

Setidaknya ada tiga hal yang menjadi alasannya. Pertama, Jailangkung: Sandekala mampu menyuguhkan rangkaian adegan jumpscare yang tak hanya bikin kaget, tetapi juga seru serta menegangkan. Dan itu disajikan dengan sangat konsisten dari awal sampai akhir. Sobat nonton dijamin bakal tidak nyaman dibuatnya.

Kedua, meski dari segi cerita tidak begitu istimewa dan menawarkan hal baru, namun Kimo tetap mampu menciptakan atmosfer seram dari adegan ritual ikonik memanggil setan Jailangkung dengan sangat baik. Mulai dari mantra yang diucapkan, boneka yang digunakan, hingga reaksi berbeda orang-orang yang terlibat di dalamnya. Merinding! Mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkannya.

Ketiga, layaknya ciri khas besutan Timo, Jailangkung: Sandekala juga menyajikan beberapa adegan gore alias penuh darah. Dan menurut penulis, babak ketiga atau final act film ini adalah yang terbaik karena mengingatkan pada Hereditary (2019) yang dibintangi Toni Collette.

Jadi, bagi sobat yang suka film horor dan butuh tontonan yang tak hanya seru, tetapi juga menguji nyali, Jailangkung: Sandekala sangat bisa jadi pilihan. Jangan lupa cek jadwal tayangnya di sini ya! Selamat menonton.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

QODRAT
JO SAHABAT SEJATI
DRISHYAM 2
PEREMPUAN BERGAUN MERAH

COMING SOON

PUSS IN BOOTS: THE LAST WISH
MINDCAGE
VIOLENT NIGHT
SHOTGUN WEDDING