Loading your location

Review Mosul: Kisah Nyata Perjuangan Memberantas ISIS di Irak

By Ekowi17 Oktober 2022

Antara tahun 2014 hingga 2017, ISIS menduduki kota Mosul di Irak. Selama tahun-tahun itu, satu-satunya kelompok yang melawan mereka terus menerus adalah unit SWAT propinsi Nineveh, yang terdiri dari orang-orang lokal yang telah terluka atau memiliki anggota keluarga yang dibunuh oleh kelompok teroris tersebut.

Suatu ketika, Kawa (Adam Bessa), seorang perwira polisi berusia 21 tahun, nyaris tidak selamat dari sebuah peristiwa baku tembak dengan ISIS di Mosul. Hidupnya diselamatkan oleh SWAT Niniwe, yang dipimpin oleh Jasem (Suhail Dabbach). Sayangnya, paman Kawa yang juga polisi tewas di lokasi kejadian.

Jasem, yang melihat potensi Kawa, mengajaknya untuk bergabung dengan timnya. Awalnya, Kawa ragu untuk menyambut ajakan itu karena tak tahu misi apa yang dijalani SWAT Nineveh di Mosul. Tapi, lantaran tak punya pilihan lain dan dendam pada ISIS, pemuda yang baru 2 bulan menjadi polisi itu akhirnya bergabung.

Itulah peristiwa yang tersaji dalam karya perdana sutradara Matthew Michael Carnahan berjudul Mosul. Menurut penulis, film aksi perang yang awalnya sempat tayang di Netflix ini layak ditonton di bioskop. Ada tiga hal yang menjadi alasannya. Pertama, Carnahan sukses menggambarkan seperti apa peperangan perkotaan yang terjadi di Irak sesungguhnya.

Itulah kekuatan utama layar lebar produksi Image Nation ini. Carnahan akan mengajak sobat nonton ikut merasakan betapa mencekamnya kota Mosul kala itu, tepatnya ketika ISIS berkuasa. Nyaris tidak ada waktu untuk bersantai. Yang ada hanyalah berbagai penangkapan, penyekapan, dan penyiksaan, bahkan kepada rakyat sipil yang tidak bersalah.

Kedua, peperangan perkotaan itu semakin menarik dengan balutan aksi tembak menembak antara SWAT Nineveh melawan militan ISIS yang tidak seru, tetapi juga menegangkan. Carnahan juga terbilang cerdik memanfaatkan gang-gang kecil di kota Mosul untuk menciptakan atmosfer pertempuran yang intens dan mencekam.

Ketiga, film ini memiliki kisah yang memang layak untuk diungkap dan diceritakan. Menurut penulis, terlepas ada sentuhan hiburan di dalamnya, apa yang digambarkan dalam Mosul sangat penting, terutama soal betapa kejam dan bahayanya kelompok seperti ISIS. Dan Carnahan mampu memvisualisasikan apa yang terjadi kepada masyarakat yang terdampak, mulai dari kehilangan tempat tinggal hingga anggota keluarga.

Jadi, bagi sobat nonton yang ingin menyaksikan film action yang seru dan memiliki kisah yang menggugah, film ini sangat direkomendasikan. Jangan lupa cek jadwal tayangnya di sini ya! Selamat menonton.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Kuyang: Sekutu Iblis yang Selalu Mengintai
Jayaprana Layonsari
Ghostbusters: Frozen Empire
BTOB TIME: Be Together the Movie

COMING SOON

Abigail
Kuasa Gelap
Dosen Ghaib: Sudah Malam Atau Sudah Tahu
MARNI: The Story of Wewe Gombel