Loading your location

Review Immaculate: Horor Penuh Darah dengan Twist Mengejutkan

By Ekowi10 Mei 2024

Apakah sobat nonton pernah berpikir, bagaimana jadinya jika film horor mengambil setting di biara yang tenang dan damai? Ya, setelah The First Omen dan Abigail, kini kita disuguhi oleh film horor yang memiliki setting senada, yakni di biara.

Immaculate sendiri berkisah tentang Sister Cecilia (Sydney Sweeney), seorang biarawati muda nan taat yang tiba-tiba mendapat undangan misterius untuk tinggal di biara kuno Italia. Biara itu konon merawat para biarawati tua hingga akhir hayat mereka.

Awalnya, kehidupan Cecilia terasa damai dan penuh kebahagiaan. Namun, keanehan mulai bermunculan. Cecilia melihat para biarawati senior memiliki bekas luka salib di kaki mereka.
Biara ini juga menyimpan relik Paku Suci yang konon berasal dari kayu salib Yesus.

Puncaknya, Cecilia terkejut bukan kepalang saat mengetahui dirinya hamil meski masih perawan. Keadaan semakin mencekam saat Cecilia menemukan pesan tersembunyi di balik lukisan Bunda Maria di kamarnya. Pesan itu seakan membenarkan dugaan gelap yang menyelimuti biara tersebut.

Penggabungan antara horor dan agama dalam satu cerita adalah hal yang berani dilakukan oleh Michael Mohan selaku sutradara. Misteri yang dibangun amat perlahan dengan setting biara yang indah membuat sobat nonton akan dibuat semakin penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi di tempat tersebut.

Bicara soal akting, Sydney Sweeney kembali mencuri perhatian lewat perannya sebagai Cecilia. Ia dengan sempurna menampilkan perjuangan batin seorang wanita yang beriman namun terjebak dalam situasi yang mengerikan. Perubahan ekspresi wajah dan kekuatan mental Cecilia yang diperankan oleh Sweeney akan membuat sobat nonton akan ikut merasakan ketakutan dan kebingungan yang dialaminya.

Akan tetapi, film ini masih memiliki beberapa poin minor. Di antaranya ada di sektor narasi. Bisa dibilanh, pengembangan misteri dalam film ini terasa cukup lambat. Beberapa adegan mungkin akan terasa membosankan bagi beberapa penonton yang biasa disuguhi oleh film horor bertempo cepat dengan banyak jumpscare.

Tapi tenang saja, karena meskipun harus sedikit bersabar menunggu hingga akhir film, nyatanya Immaculate tetap akan menyuguhkan twist yang mengejutkan dan bisa membuat sobat nonton berpikir berulang kali tentang pesan tersembunyi dari film ini. Ya, setelah closing credit film ini berakhir, beberapa dari sobat nonton mungkin akan mengharapkan film ini bisa menimbulkan diskusi tentang fanatisme agama atau kekuatan iman dalam menghadapi kejadian misterius.

Pada akhirnya, Immaculate jelas mampu menjadi pilihan menarik bagi sobat nonton yang ingin menyaksikan film horor dengan sentuhan psikologis dan misteri yang menggelitik pikiran. Tapi sekali lagi, jika sobat nonton mencari film horor bertempo cepat dengan banyak jumpscare, maka harus berpikir berulang kali sebelum menonton film ini.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

IF: IMAGINARY FRIENDS
TEGAR
The Roundup: Punishment
Menjelang Ajal

COMING SOON

Mufasa: The Lion King
Bangsal Isolasi
Mencadin: Dendam Pocong
Despicable Me 4