Loading your location

Review 13 Minutes: Bencana yang Menguji Ikatan Keluarga

By Ekowi09 Oktober 2022

Badai Tornado sejatinya bukan hal baru di sebuah kota kecil di Colorado, Amerika Serikat. Kim (Amy Smart), petugas penanggulangan bencana di kota itu, setiap tahun menghadapi masalah yang sama. Mereka pun sudah dibekali sistem mitigasi bencana yang sudah digunakan sejak lama yang membuat warga merasa aman.

Kondisi ini berubah drastis ketika Tornado terbesar sepanjang sejarah muncul. Ini adalah kali pertama kota itu mengalaminya. Tidak ada yang benar-benar siap, baik Kim maupun warga. Mereka hanya memiliki waktu 13 menit untuk berlindung agar selamat dari bencana mengerikan tersebut.

Kisah di atas tersaji dalam produksi terbaru Highland Film Group berjudul 13 Minutes. Sebagai film yang mengangkat tema bencana, arahan sutradara Lindsay Gossling ini terbilang unik. Pasalnya, ia tak menjual karyanya lewat adegan tornado dengan balutan efek visual tingkat tinggi yang membuatnya tampak mengerikan seperti Twister (1996) atau Into the Storm.

Ya, 13 Minutes lebih menitikberatkan pada ikatan keluarga, terutama ketika menghadapi bencana yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Ada empat keluarga yang terlibat di film ini, dan kisah mereka itulah yang menjadi titik sentralnya, bukan badai Tornadonya. Menurut penulis, hal tersebut justru membuat layar lebar yang naskahnya ditulis oleh Lindsay Gossling dan Travis Farncombe itu menarik.

Terlebih semua itu didukung oleh penampilan prima para pemainnya, seperti Amy Smart, Thora Birch, Anne Heche, Paz Vega, Peter Facinelli, dan Trace Adkins. Yang juga menarik, sang sutradara cukup pintar untuk membuat para karakternya tampil secara proporsional alias tidak ada protagonis yang paling menonjol di film ini. Semuanya memiliki peran serta fungsi masing-masing dalam cerita.

Jadi, bagi sobat nonton yang berharap mendapatkan sajian visual badai Tornado yang mengerikan, 13 Minutes tak memiliki itu. Tapi, jika sobat menginginkan gambaran realistis bagaimana dinamika warga menghadapi bencana tersebut dengan sentuhan drama keluarga, film ini adalah jawabannya.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

The First Omen
Keluar Main 1994
Exhuma
Dune: Part Two

COMING SOON

The Color Purple
Arcadian
Strange World
Desa Mati: The Movie