Loading your location

Review Medieval: Penuh Aksi Seru dan Mengerikan

By Ekowi17 November 2022

Film yang mengangkat tema peperangan di abad pertengahan memang memiliki daya tarik tersendiri. Bagi penulis, menonton pertempuran maupun pertarungan di zaman tersebut, yang masih menggunakan senjata-senjata konvesional (pedang tombak, kapak, dll), memberikan sensasi yang berbeda dibanding film-film perang yang sudah memakai senapan berisi peluru.

Sensasi unik itulah yang coba disajikan oleh sutradara Petr Jakl melalui karya terbarunya berjudul Medieval. Berkisah tentang seorang ikon sekaligus panglima perang dari Ceko pada abad ke-15, Jan Zizka (Ben Foster). Ia adalah pemimpin perang yang mengalahkan tentara Ordo Teutonik dan Kekaisaran Romawi.

Beruntung, pada Senin (14/11) lalu, penulis berkesempatan untuk menghadiri pemutaran perdana Medieval di Indonesia Kota Kasablanka XXI. Setidaknya ada tiga alasan yang membuat produksi terbaru Highland Film Group dan The Avenue ini menarik untuk ditonton. Pertama, action sequences-nya.

Menurut penulis, layaknya film-film yang mengambil tempat di abad pertengahan Eropa, Medieval menyuguhkan berbagai aksi pertempuran yang tidak hanya tidak hanya seru, tetapi juga mengerikan. Ya, layar lebar yang skenarionya juga ditulis oleh Petr Jakl ini penuh action yang berdarah, brutal, dan cenderung kejam.

Kedua, meski pertempuran yang brutal tetap merupakan aspek yang paling menonjol di film ini, namun taktik yang digunakan Ceko di medan perang juga menjadi daya tarik tersendiri. Itulah yang menurut penulis, membuat Medieval menjadi film sejarah perang yang tak hanya seru, tapi juga menyenangkan karena memberikan informasi yang menambah wawasan.

Ketiga, sinematografi Medieval juga layak diacungi jempol. Penggunaan warna yang cenderung mencerminkan nuansa kelam, suram, gelap, dan lembab, berhasil memberikan kesan betapa mengerikannya kondisi Ceko waktu itu. Dan hal tersebut sukses menambah tingkat kengerian battle scenes yang menjadi kekuatan utama film ini.

Seperti apa sebenarnya sosok Jan Zizka? Bagaimana cara ia mengalahkan Romawi? Benarkah dia tak pernah kalah dalam perang? Temukan semua jawabannya dalam Medieval yang akan tayang di bioskop seluruh Indonesia pada bulan November 2022. Bagi yang ingin nonton, bisa cek jadwal tayangnya di sini ya!

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

HAUNTED UNIVERSITIES
SADAKO DX
NAGIH JANJI CINTA
MIDNIGHT IN THE SWITCHGRASS

COMING SOON

MINDCAGE
THE CURSE OF ROSALIE
ARGANTARA
RUN