Loading your location

Review Pamali: Ketika Tradisi Tak Sengaja Dilanggar

By Ekowi09 Oktober 2022

Sobat nonton tentu sudah tidak asing dengan istilah Pamali, sesuatu yang tabu atau tidak boleh dilanggar dalam sebuah adat tertentu. Tema inilah yang coba diangkat oleh sutradara Bobby Prasetyo lewat film terbarunya berjudul Pamali, yang diadaptasi dari sebuah permainan video dengan judul yang sama.

Berkisah tentang Jaka Sunarya (Marthino Lio) yang baru saja kehilangan pekerjaanya. Bersama dengan sang istri, Rika (Putri Ayudya), ia ingin menjual rumah peninggalan orang tuanya untuk memulai hidup baru. Sialnya, di desa tersebut keduanya tanpa sengaja melanggar adat yang telah menjadi tradisi, sehingga menghadapi keberadaan makhluk halus yang mengancam nyawa mereka.

Menurut penulis, dari segi cerita, Pamali tidak menawarkan hal yang baru. Premisnya pun biasa saja, tinggal di rumah tua yang misterius, berhantu, dan berlokasi di daerah terpencil tentu sudah tidak asing di mata sobat nonton. Tapi, film produksi LYTO Pictures ini punya keunggulan tersendiri dibanding layar lebar lain sejenisnya. Setidaknya ada dua hal yang menjadi alasannya.

Pertama, permainan kamera yang disajikan dalam film ini layak diacungi jempol. Teknik pengambilan gambarnya dijamin bakal membuat sobat nonton seperti diajak bermain game-nya. Sang sutradara juga berhasil memafaatkan serta memaksimalkan setiap sudut rumah yang menjadi set utama dengan sangat baik. Itu semua sukses menciptakan atmosfer horor yang seru dan mencekam.

Kedua, meski premis dan alur ceritanya harus diakui cukup datar, akting Marthino Lio, Putri Ayudya, Taskya Namya, dan Unique Priscilla berhasil menjadi 'obat'. Tanpa mereka, menurut penulis, Pamali boleh jadi bakal tampil beda, dalam arti kurang maksimal. Khusus untuk Taskya, perannya sebagai hantu Nenden layak dipuji, terlebih ia memiliki background story yang membuatnya bukan hanya hantu biasa.

Tradisi apa yang dilanggar Jaka dan Rika? Makhluk halus seperti apa yang mengancam nyawa mereka? Temukan jawabannya dalam film Pamali yang sedang tayang di bioskop seluruh Indonesia. Jangan lupa cek jadwal tayangnya di sini ya! Selamat menonton.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Para Betina Pengikut Iblis: Part 2
Eksil
CREW
HANTU POLONG

COMING SOON

Sakaratul Maut
Almarhum
The Fall Guy
GANAPATH A HERO IS BORN