Loading your location

Film Onde Mande! Bawa Pesan Tentang Keluarga dan Kehangatan Masyarakat Minang

By Ekowi14 Juni 2023

Visinema akan merilis sebuah film keluarga yang mengangkat budaya lokal berjudul 'Onde Mande!' di pertengahan tahun 2023 ini. Jelang tanggal penayangannya, film khas budaya Minang 'Onde Mande!' menggelar Gala Premiere dan Press Conference di Cinepolis Senayan Park, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/23).

'Onde Mande!' dibintangi oleh deretan pemain yang memiliki darah Minang yakni Shenina Cinnamon, Emir Mahira, Ajil Ditto, Shahabi Sakri, Jajang C Noer dan Jose Rizal Manua.

Disutradarai oleh Paul Fauzan Agusta serta diproduseri Suryo Wiyogo dan Cristian Imanuell, film ini hadir dengan genre komedi dan drama keluarga. Film terbaru produksi Visinema yang bekerjasama dengan Gandrvng Films dan Visionari Capital ini akan bisa disaksikan oleh seluruh penikmat film di Tanah Air mulai 22 Juni 2023 di bioskop.

Lewat film 'Onde Mande!' Paul berharap penonton bisa mengambil makna tentang kehangatan keluarga dan kekerabatan masyarakat yang disampaikan dalam film. "Meski berbahasa Minang, film ini akan tetap seru dan nyaman ditonton oleh seluruh masyarakat Indonesia karena disertakan subtitle bahasa Indonesia. Aku berharap setelah nonton ini mereka bisa lebih menghargai keluarga dan tempat mereka berasal," kata sineas berdarah Minang itu.

Sementara itu, Producer and Head of Content Strategy Visinema, Cristian Imanuell, mengatakan pesan yang diangkat Onde Mande! sangat relevan bagi semua penonton. "Visinema bangga menjadi partner Gandrvng Films dan Visionari Capital dalam mempersembahkan Onde Mande! ke layar lebar. Film ini sesuai dengan misi Visinema untuk terus mendorong batasan perfilman Indonesia, dengan menghadirkan genre berbeda dengan konten menghibur serta memiliki pesan yang kuat dan relevan bagi seluruh penonton Indonesia," kata Cristian.

Tak hanya bercerita latar belakang budaya Minang, film ini bakal memikat penonton dengan jalur cerita yang unik dan kocak. 'Onde Mande!' juga memuat nilai sosial yakni gotong royong di masyarakat serta nilai kekeluargaan yang menyentuh. Keindahan dari Danau Maninjau, Sumatera Barat pun mampu menghidupkan film ini dan membawa kehangatan bagi penonton karena suasananya yang masih asri dan indah.

Aktris Shenina Cinnamon yang pernah masuk nominasi kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2021 ini sangat antusias berada di film 'Onde Mande!' karena mendapat pengalaman untuk beradu akting dengan aktris senior Jajang C Noer.

"Deg-degan banget akting dengan Bu Jajang, apalagi Bu Jajang kan di film ini jadi ibu aku. Tapi aku senang dan aku selalu ngambil pelajaran baru dari orang-orang yang baru aku kenal, termasuk senior juga, jadi sangat bersyukur bisa ada di satu produksi film dengan Bu Jajang," ungkap Shenina.

Tak kalah menarik, di film 'Onde Mande!' Shenina kembali dipertemukan dengan aktor Emir Mahira. Sebelumnya, mereka sempat berduet di film Dear David yang meledak pada Februari lalu. "Emir di setiap perannya sangat total, begitu juga di film Onde Mande! ini. Film ini kan project kedua aku sama Emir dan aku ngeliat bahwa Emir belongs here. Aku seneng banget," kata Shenina terkait kesan kembali adu akting dengan Emir.

"Aku harap kalian bisa menyukai film Onde Mande!, semoga nuansa Minang yang kita berikan bisa sampai ke kalian juga, plus apapun hal positif dari filmnya bisa kalian bawa pulang ke rumah kalian masing-masing," pesan Shenina.

Aktor Ajil Ditto yang turut menambah kekocakan film 'Onde Mande!' ini pun berharap filmnya dapat menjadi sarana masyarakat untuk semakin mengenal budaya Minang. "Film Onde Mande! kita buat dengan suka hati. Semoga jadi tontonan yang bisa menghibur, dan buat kalian yang belum kenal budaya Minang, bisa tahu karena film ini. Lalu aku juga berharap Onde Mande! bisa diterima sama semua masyarakat Indonesia bahkan mancanegara," tutur Ajil.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Kingdom of the Planet of the Apes
The Watchers
Paku Tanah Jawa
Love You as the World Ends

COMING SOON

Kaka Boss
Desa Mati: The Movie
Tulang Belulang Tulang
Dosen Ghaib: Sudah Malam Atau Sudah Tahu