Loading your location

Ini Dia 22 Film yang Bakal Bertanding di Festival Film Indonesia 2023

By Ekowi24 September 2023

Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akhirnya mengumumkan 22 judul film yang bakal bersaing memperebutkan Piala Citra, anugerah tertinggi di industri perfilman Tanah Air. Melansir inilah.com, film-film tersebut telah melewati tahap Rekomendasi Asosiasi dan akan memasuki Tahap Nominasi untuk 17 kategori yang ditentukan oleh anggota Akademi Citra FFI 2023.

Beberapa judul film yang akan 'bertarung' di ajang bergengsi ini antara lain "Kembang Api" karya sutradara Herwin Novianto, film laga "Sri Asih" yang disutradarai oleh Upi, dan film biopik "Buya Hamka Vol.1" karya Fajar Bustomi. Tak ketinggalan, film bergenre thriller "Sleep Call" yang diperankan oleh Laura Basuki dan "Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang" karya Angga Dwimas Sasongko juga turut meramaikan nominasi.

Pada tahun ini, FFI mengangkat tema 'CITRA', yang bermakna "bayangan" atau "imaji". Tema ini terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail dan telah menjadi nama anugerah perfilman Indonesia sejak tahun 1967.

"PIALA CITRA yang diberikan setiap tahun menjadi benang merah pencapaian perfilman Indonesia, yang membentuk peta dinamika dan kemajuan perfilman Indonesia dahulu, kini, dan nanti," ujar panitia FFI dalam keterangan resminya, Sabtu (23/9).

Festival Film Indonesia dan Piala Citra diharapkan dapat memberikan percikan semangat bagi para insan perfilman untuk tetap konsisten menciptakan film-film Indonesia yang berkualitas. Dengan demikian, diharapkan industri perfilman Indonesia akan terus membangun CITRA positif, baik di mata masyarakat Indonesia maupun di kancah internasional.

Dengan keberagaman genre dan tema yang diusung oleh para nomine, FFI 2023 diharapkan menjadi ajang yang tidak hanya menyoroti kualitas produksi, tetapi juga kekayaan cerita dan budaya Indonesia. Seluruh mata akan tertuju pada malam penganugerahan untuk melihat siapa yang akan membawa pulang Piala Citra tahun ini.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Kung Fu Panda 4
Godzilla x Kong: The New Empire
aespa: WORLD TOUR in cinemas
Challengers

COMING SOON

Vina: Sebelum 7 Hari
The Wild Robot
Inside Out 2
Bangsal Isolasi