Loading your location

Review Asterix & Obelix: The Middle Kingdom: Lucu, Seru, dan Menegangkan

By Ekowi27 April 2023

Asterix & Obelix. Ya, dua tokoh komik ciptaan René Goscinny dan Albert Uderzo ini merupakan salah satu serial komik asal Prancis paling terkenal di dunia. Telah diterjemahkan ke ratusan bahasa, tak heran kisahnya pun diadaptasi ke layar lebar dengan total 14 film layar lebar: 10 animasi dan 4 live-action.

Karakter Asterix adalah seorang pria bertubuh mini berambut pirang yang memiliki sifat riang dan cerdik, sementara Obelix adalah pria bertubuh tambun yang pemalas, namun punya sifat yang baik hati. Keduanya selalu bersama dalam mengarungi petualangan mengelilingi dunia.

Tahun ini, duo Asterix dan Obelix kembali dalam angsuran kelimanya yang diberi tajuk Asterix & Obelix: The Middle Kingdom. Namun, film live action kali ini akan menjadi film orisinal pertama yang ceritanya tidak diadaptasi langsung dari komiknya.

Asterix & Obelix: The Middle Kingdom akan kembali menyoroti petualangan prajurit Galia bernama Asterix (Guillaume Canet) dan Obelix (Gilles Lellouche). Suatu hari, masyarakat desa Galia dikejutkan oleh kedatangan Bankruptix (Jonathan Cohen) yang membawa putri dari Kekaisaran Tiongkok Han Xuandi yang bernama Sah Hee (Julie Chen) serta pengawalnya, Kah Rah Tay (Leanna Chea).

Mereka meminta bantuan masyarakat Galia untuk menyelamatkan ibunda dari putri Sah Hee (Linh Dan Pham) dan menyelamatkan kerajaan dari kudeta pangeran Deng Tsin Qin (Bun Hay Mean). Asterix dan Obelix pun akhirnya setuju dengan permintaan bantuan dari mereka.

Nah, berhasilkah Asterix dan Obelix untuk membebaskan ibunda dari putri Sah hee? Dan bagaimana nasib pangeran Deng Tsin Qin selanjutnya?

Walaupun cerita film ini tidak berdasarkan komik aslinya, namun seperti angsuran-angsuran sebelumnya, Asterix & Obelix: The Middle Kingdom masih akan tetap setia kepada segala unsur-unsur di komiknya, seperti detail dan humor-humor slapstick dan unsur-unsur komikal lainnya yang tetap mengalir dengan sempurna di sepanjang film.

Sobat nonton yang merupakan penggemar komik Asterix pasti akan terpuaskan melihat berbagai tokoh-tokoh dan humor-humor khas dari komiknya berhamburan dalam film ini. Asterix masih menjadi tokoh utama dengan segala keberanian dan kecerdikannya, ditemani oleh sosok Obelix yang polos, baik hati namun sangat kuat. Belum lagi ditambah cameo pesepakbola ternama Zlatan Ibrahimovic yang di sini memerankan seorang perwira Romawi yang bernama Antivirus. Ya, dari namanya saja sudah terbayang celetukan-celetukan apa saja yang akan keluar dari mulutnya.

Tapi yang perlu diingat, dalam film ini terdapat beberapa adegan yang dirasa kurang cocok ditonton oleh anak-anak. Jadi dimohon kebijakan dari para orang tua yang akan membawa anak-anaknya untuk menonton film ini. Akan tetapi jangan khawatir, karena adegan-adegan tersebut tidak akan menghilangkan esensi yang bisa diambil dari film Asterix & Obelix: The Middle Kingdom, yakni soal ketekunan, idealisme, dan loyalitas.

Anak-anak yang menonton film ini juga dapat menyerap pesan moral dari adanya karakter antagonis dalam film, bahwa dendam dan amarah adalah hal yang merugikan bagi diri sendiri. Selain itu, tindakan licik, mengadu domba, dan keserakahan, juga bukan hal yang patut dicontoh oleh siapapun.

Asterix & Obelix: The Middle Kingdom juga menjadi salah satu angsuran Asterix yang paling menegangkan, karena musuh yang dihadapi kali ini memang cukup tangguh. Selain itu, ada keunikan tersendiri di film ini yaitu pasukan Romawi yang berperan tidak biasanya dan menjadi salah satu highlight yang cukup mengejutkan di akhir film. Selain highlight tersebut, seakan mengikuti tren, rupanya ada sedikit sentuhan feminisme dalam Asterix & Obelix: The Middle Kingdom ini.

So, secara keseluruhan, Film Asterix & Obelix: The Middle Kingdom ini dapat menjadi rekomendasi untuk familytime di akhir pekan. Akan tetapi, sekali lagi penulis ingatkan, diharapkan bagi anak-anak untuk dapat didampingi para orang tua saat menonton, mengingat beberapa adegan dalam film ini ditujukan bagi para penonton yang berusia 13 tahun ke atas.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Badarawuhi di Desa Penari
Keluar Main 1994
TOTTO-CHAN: THE LITTLE GIRL AT THE WINDOW
Kung Fu Panda 4

COMING SOON

Mufasa: The Lion King
Kraven the Hunter
Kaka Boss
Harta Tahta Raisa