Loading your location

Film 'IF' Tumbangkan 'Kingdom Of The Planet Of The Apes' di Box Office

By Ekowi20 Mei 2024

Film "IF" sukses jadi jawara baru di box office minggu ini. Film komedi fantasi animasi live-action dari sutradara John Krasinski ini memulai debutnya dengan kuat di pasar Amerika Utara meskipun pembukaannya hanya menghasilkan sekitar $35 juta.

Dibintangi oleh Ryan Reynolds, film yang juga ditulis dan diproduksi oleh pembuat film "A Quiet Place" ini awalnya diperkirakan akan menghasilkan setidaknya $40 juta pada akhir pekan pertamanya. Berdasarkan jumlah penonton pada hari Jum'at (17/5), film ini berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan $30 juta, namun angka tersebut direvisi naik setelah penayangan yang kuat pada hari Sabtu (18/5).

Ini adalah awal yang goyah untuk sebuah film yang menghabiskan biaya pembuatan sekitar $110 juta, belum termasuk biaya pemasaran. Di luar negeri, "IF" telah mengumpulkan tambahan $20 juta dengan total $55 juta secara global.

"IF" mendapat tanggapan beragam dari para kritikus, yang memberikannya peringkat 49 persen di Rotten Tomatoes. Tapi, para penonton tampaknya tidak setuju dan memberikan nilai A di Cinemascore.

"Keluarga-keluarga datang dengan penuh semangat dan mereka menyukai film ini," kata Chris Aronson, yang mengepalai distribusi domestik Paramount. "Saya rasa ini merupakan pertanda baik bagi bioskop secara umum saat kita memasuki musim film musim panas," kata Aronson. "Anak-anak akan libur sekolah mulai minggu depan dan saya tidak bisa memikirkan film yang lebih baik untuk dipasarkan selain film ini: Film ini baru, segar, orisinil, dan merupakan film yang mengharukan."

Tidak terkejut dengan lemahnya performa dari film-film baru tersebut, David A. Gross dari perusahaan konsultan film Franchise Entertainment Research mengatakan, "Jajaran film di awal musim panas memang lemah. Industri ini sedang menunggu film yang berkinerja baik untuk mengalahkan ekspektasi dan keluar. Kami terus membuntuti tingkat box office sebelum pandemi dengan selisih yang lebar, dan perbandingan tidak akan menjadi lebih mudah saat kita memasuki musim panas."

"Ini adalah musim panas yang sangat tidak biasa. Dimulai dengan awal yang tidak biasa tanpa film Marvel," ujar Paul Dergarabedian, analis media senior untuk Comscore. "Box office telah berada dalam pola bertahan 20 persen turun dari tahun lalu."

Dergarabedian mencatat bahwa akhir pekan Memorial Day adalah saat dimana para penonton bioskop dapat menonton film-film yang mereka lewatkan dan dengar. Ia menambahkan, "Hampir di semua tingkatan, ini adalah musim panas yang tidak biasa dalam hal jajaran film dan lintasan box office. Namun secara kolektif, film-film ini seharusnya memiliki akhir pekan Memorial yang solid."

Meskipun debutnya mengecewakan, "IF" masih berhasil mengalahkan jawara minggu lalu "Kingdom of the Planet of the Apes", yang hanya bertahan selama satu minggu. Film aksi fiksi ilmiah dystopian ini menambahkan sekitar $26 juta pada pendapatan domestiknya, yang kini telah melampaui $100 juta. Dengan $136 juta dari pasar internasional, film itu telah meraup total $237,5 juta di seluruh dunia.

Film horor Lionsgate "The Strangers: Chapter 1" adalah pendatang baru lainnya yang memulai debutnya di lima besar minggu ini. Film itu berhasil meraih pendapatan sebesar $12 juta dari 2.856 lokasi, sebagian berkat kampanye pemasarannya yang inovatif yang membuat beberapa momen viral dengan menghadirkan "orang asing" di berbagai acara besar.

"The Fall Guy" anjlok dari posisi 2 ke peringkat 4 dengan perkiraan $8,4 juta, diikuti oleh "Challengers" di tempat ke-5 dengan meraup sekitar $2,9 juta. Adapun film biografi Amy Winehouse, "Back to Black", dibuka di peringkat 6 dengan meraih $2,8 juta.

Secara keseluruhan, box office minggu ini masih tertinggal dari tahun 2023 sebesar hampir 22 persen. Para pemilik bioskop berharap dapat mengakhiri tren lesu ini akhir pekan depan karena Memorial Day akan menghadirkan perilisan "Furiosa: A Mad Max Saga" dan "The Garfield Movie".

10 Besar Box Office Amerika Utara (17-19 Mei 2024):

1. IF - $35 juta
2. Kingdom of the Planet of the Apes - $26 juta
3. The Strangers: Chapter 1 - $12 juta
4. The Fall Guy - $8,4 juta
5. Challengers - $2,9 juta
6. Back to Black - $2,8 juta
7. Tarot - $2 juta
8. Godzilla x Kong: The New Empire - $1,7 juta
9. The Blue Angels - $1,3 juta
10. Unsung Hero - $1,1 juta

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

IT ENDS WITH US
Neulbom: The Cursed
Uang Panai 2
Cinderella's Curse

COMING SOON

Paddington in Peru
Thunderbolts
Mawang
Santet Segoro Pitu