Loading your location

Review Abigail: Salah Satu Film Paling Fun Tahun Ini

By Ekowi04 Mei 2024

Apakah sobat nonton masih ingat dengan seorang artis bernama Melissa Barrera? Ya, Melissa sempat menjadi buah bibir tatkala dirinya dipecat dari proyek film Scream VII oleh para jajaran produsernya dikarenakan membela Palestina di tengah agresi Israel kala itu. Kini, ia justru membintangi film barunya yang berjudul Abigail.

Abigail sendiri berkisah tentang penculikan seorang penari balet bernama Abigail (Alisha Weir) oleh sekelompok penjahat yang dipimpin oleh seorang informan bernama Lambert (Giancarlo Esposito). Mereka lalu membawa Abigail ke sebuah rumah besar yang terpencil di pedesaan dengan motif yang belum terungkap.

Dalam upaya menyamarkan identitas mereka, kelompok tersebut menggunakan nama samaran Rat Pack dan mematuhi aturan untuk tidak saling mengungkapkan informasi pribadi satu sama lain atau kepada Abigail. Ketegangan meningkat ketika terungkap bahwa ayah Abigail adalah Kristof Lazar (Matthew Goode), seorang penjahat yang terkenal dan ditakuti.

Namun, situasi menjadi lebih mencekam saat Abigail tiba-tiba mengungkapkan sisi vampirnya pada malam hari. Para penculik pun harus berjuang keras untuk bertahan hidup dan melarikan diri dari rumah besar yang terpencil tersebut. Berhasilkah mereka?

Well, dari sedikit sinopsis di atas, kita semua pasti akan langsung mengetahui bahwa film ini merupakan percampuran antara heist dan monster movie. Dan nyatanya, percampuran tersebut pada akhirnya justru membuat film ini menjadi terasa tidak formulaik. Ketika sobat nonton mulai familiar dan menebak ke mana arah film ini, maka tiba-tiba ekspektasi yang sudah dibangun tadi akan runtuh seketika.

Namun begitu, hal lain yang penulis suka dari film ini adalah betapa campy dan “apa adanya” film ini. Duo sutradara Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett terlihat sangat luwes dan bebas mengeksplor kegilaan yang memang menjadi komposisi utama dalam film ini. Benar-benar super campy, layaknya film-film mereka sebelumnya, seperti Ready or Not dan Scream 5 & 6.

Hal di atas tadi juga ditunjang oleh barisan karakter-karakter yang tidak membosankan maupun generik. Semuanya terlihat hidup dan memorable, bahkan untuk karakter yang mendapatkan jatah screentimenya paling sedikit sekalipun. Jajaran castnya betul-betul lovely dan terlihat seperti diperbolehkan untuk improvisasi di banyak adegannya. Hal itulah yang membuat karakter yang mereka perankan menjadi semakin hidup.

Akan tetapi, cast yang paling mencuri perhatian bagi penulis adalah Alisha Weir yang berperan sebagai Abigail. Duality-nya sebagai anak manis yang berubah menjadi monster sungguhlah penuh dengan sarkasme. Belum lagi tektokan sarkasme antar karakternya yang benar-benar membuat dahi sobat nonton mengernyit lama sebelum melepas tawa.

Pada akhirnya, Abigail dapat disebut sebagai salah satu film paling fun yang dirilis tahun ini. Apalagi bagi sobat nonton yang menggemari film-film dari Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett sebelumnya, dijamin pastinya akan terpuaskan oleh film ini.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

The Architecture of Love (TAOL)
Malam Pencabut Nyawa
How to Make Millions Before Grandma Dies
Dua Hati Biru

COMING SOON

Scream VI
Jurnal Risa The Movie
Perayaan Mati Rasa
Catatan Harian Menantu Sinting