Loading your location

Review Neulbom: The Cursed: Film Horor yang Menyeramkan dan Memilukan

By Ekowi15 September 2024

Neulbom Garden yang berlokasi di Jecheon, Chungcheongbuk-do sudah tidak asing lagi bagi warga Korea Selatan. Pasalnya, restoran tua Neulbom Garden yang terbengkalai tersebut dikenal sangat angker. Banyak cerita-cerita Neulbom Garden yang beredar dan terkenal di kalangan para penggemar horror. Nah, saking seramnya, Neulbom Garden kini diangkat menjadi film yang berujudul Neulbom: The Cursed.

Film Neulbom: The Cursed sendiri berkisah tentang kehidupan seorang perempuan bernama So hee (Jo Yoon-hee). Dia tengah menikmati kehidupan pernikahannya bersama suaminya, Chang Su (Heo Dong-won). Kehidupan mereka berdua pada awalnya berjalan harmonis. Namun, kejanggalan demi kejanggalan mulai muncul.

Suatu ketika, Sohee dibuat kaget karena menemukan sang suami telah meninggal dunia akibat bunuh diri. Dalam kondisi hamil, Sohee yang panik akhirnya juga mengalami keguguran. Namun, kehidupannya harus tetap berlanjut.

Singkat cerita, sang suami rupanya memiliki warisan berupa rumah besar di daerah terpencil di Korea Selatan. Sohee pun pergi ke rumah itu, tetapi dia segera menyadari ada banyak hal aneh yang mulai menimpanya. Sohee selalu merasa diawasi ketika berada di rumah tersebut. Dia kemudian mulai mencari tahu soal seluk beluk rumah warisan, termasuk dugaan ada hubungannya dengan kematian suaminya.

Sejak awal durasi mengalun, Ku Born selaku sutradara rupanya sudah mengisi film ini dengan rangkaian adegan horor yang padat. Penampakan hantu, darah, hingga jumpscare dijamin akan membuat jantung sobat teater terus berdegup kencang.

Dari segi cerita, Neulbom: The Cursed bisa dibilang lumayan jelas dalam memaparkan ceritanya dan hampir tidak menyisakan plot-hole yang berarti. Tidak banyak film horor yang bisa menjahit cerita drama keluarga dengan rapi seperti ini. Mungkin, jika bisa dibandingkan, kekuatan dramanya setara dengan film Ladda Land yang dirilis beberapa tahun silam.

Selain itu, keterangan di poster yang berbunyi “dari produser The Medium” ternyata bukanlah embel-embel semata. Banyak sekali objek material yang mengingatkan kita pada film horor ikonik asal Thailand itu. Mulai dari kerasukan, unsur perdukunan dan juga unsur gore-nya.

Singkatnya, Neulbom: The Cursed berhasil menjadi sebuah horor tentang rumah angker yang menyeramkan sekaligus memilukan. Ya, walaupun menakutkan, namun ending film ini justru terasa hangat. Ditambah eksekusi endingnya tersebut yang tak dituturkan dengan terburu-buru.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

DEADPOOL & WOLVERINE
KANG MAK (FROM PEE MAK)
Sekawan Limo
Ipar Adalah Maut

COMING SOON

Thunderbolts
GANGNAM ZOMBIE
1 Kakak 7 Ponakan
Nobody 2