Loading your location

Review Possession: Kerasukan: Sajikan Horor Berbalut Kisah Perselingkuhan

By Ekowi12 Mei 2024

Faris (Darius Sinathrya), yang baru pulang dari tugas ketentaraan berbulan-bulan, langsung disambut oleh permintaan cerai dari istrinya, Ratna (Carissa Perusset). Curiga ada laki-laki lain di balik perilaku aneh Ratna, Faris ingin menyelidiki berbagai kemungkinan, termasuk perselingkuhan. Tapi menariknya, yang sebenarnya terjadi mungkin di luar apa yang dia pikirkan, berujung pada sesuatu yang lebih menyeramkan dari yang dia duga.

Itulah kisah yang tersaji dalam besutan terbaru sutradara Razka Robby Ertanto berjudul Possession: Kerasukan. Menurut penulis, remake dari film Possession (1981) karya sutradara Andrzej Zulawski ini terbilang menarik. Meskipun sedikit berbeda dari versi aslinya, namun Possession: Kerasukan menambahkan elemen-elemen budaya klenik lokal khas Indonesia.

Yang juga menarik adalah produksi terbaru Falcon Black ini mengangkat tema isu perselingkuhan yang dibalut dengan teror makhluk tak kasat mata. Pada bagian awal saja sobat nonton sudah langsung disuguhkan dengan konflik rumah tangga yang rumit sekaligus membuat emosi.

Menurut penulis, yang pernah menyaksikan versi aslinya, Possession: Kerasukan dapat dikatakan cukup berhasil dalam mengadaptasi filmnya. Possession (1981) yang sebelumnya tergolong art house dan mungkin bukan untuk selera semua orang, dan Robby Ertanto selaku sutradara berusaha untuk membuat film remake ini menjadi terasa lebih mudah dimengerti.

Sang sutradara pun bisa dikatakan cermat dalam membangun ceritanya agar mudah diikuti, meski dengan tempo yang cenderung lambat. Sobat nonton seakan-akan dibiarkan ikut hanyut terlebih dahulu ke dalam problematika konflik drama rumah tangga Faris dan Ratna yang penuh intrik hingga masalah perselingkuhan.

Dan menurut penulis, lantaran ada beberapa penyesuaian cerita yang disesuaikan dengan budaya Indonesia, maka sobat nonton dipastikan tidak akan bingung selepas keluar dari studio bioskop.

Di samping itu, lagu Sabda Alam yang dipilih untuk mengiringi Possession: Kerasukan juga layak diacungi jempol. Selain karena sangat cocok untuk menyampaikan pesan dari filmnya itu sendiri, penempatannya di akhir film sukses menambah kesan dramatis dan puitis, serta menjadi sebuah konklusi yang cantik.

Secara keseluruhan, bagi sobat nonton yang gemar akan tontonan bergenre horor misteri yang diselingi konflik drama perselingkuhan, maka Possession: Kerasukan jelas merupakan pilihan yang tepat, terlebih kalau disaksikan berama teman atau keluarga. Kesimpulan dari filmnya sendiri berpotensi menjadi bahan diskusi yang menarik. Selamat menonton.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

 Seni Memahami Kekasih
Harold and the Purple Crayon
The Crow
Revolver

COMING SOON

Menghadap Tuhan
PERNIKAHAN ARWAH
Gopek
Anyone But You