Loading your location

Review Vedaa: Gambarkan Kebobrokan Kesenjangan Sosial di India

By Ekowi19 Agustus 2024

Sutradara India, Nikkhil Advani mencoba kembali tampil beda dalam film barunya, Vedaa yang kini sedang tayang di bioskop. Sebelumnya, Nikkhil memang lebih dikenal sebagai pembuat film-film drama komedi romantis. Dan lewat Vedaa, Nikkhil ingin membuktikan bahwa dirinya mampu menyuguhkan film yang penuh aksi disertai drama yang cukup serius.

Film Vedaa bercerita tentang sosok gadis bernama Vedaa (Sharvari), seorang mahasiswa hukum yang tertarik pada dunia tinju. Vedaa tinggal di kota Barmer, Rajasthan dan menjalani kehidupan bahagia bersama keluarganya. Naasnya, Kota Barmer sendiri dipimpin oleh Jitendar Pratap Singh (Abhishek Banejee) yang memerintah dengan tangan besi.

Jitendar coba mempertahankan hierarki kasta yang membuat kota Barmer menjadi tempat berkembang biaknya penindasan serta kekerasan demi kehormatan serta anarki yang tak terkendali. Dengan sekuat tenaga, Vedaa yang dibantu oleh Abhimanyu (John Abraham) coba melawan Jitendar dan sistem perbedaan kasta yang amat merugikan masyarakat tersebut.

Well, film karya Nikkhil Advani kali ini bisa dibilang cukup menghentak kalangan perfilman di India. Pasalnya, Vedaa seakan menjadi eksperimen Nikkhil dalam membuat film aksi-drama dengan alur cerita yang berliku. Nikkhil tak hanya memfokuskan Vedaa pada kisah from zero to hero, namun ia juga menyisipkan isu sensitif perihal perbedaan kasta yang mungkin saja merupakan topik yang masih memanas di India sana.

Bayangkan, seperti yang kita tahu, India sendiri merupakan salah satu negara dengan sistem stratifikasi berdasarkan kasta yang sangat kuat di dunia. Hal ini tentunya memiliki dampak pengaruh yang signifikan terhadap kebebasan sipil di negara tersebut. Oleh karena itu, Nikkhil pun berusaha menyentil isu tentang kasta ini melalui banyak karakternya di sini.

Bagi sebagian orang, kesenjangan sosial mungkin isu yang basi untuk diangkat lewat medium film. Namun bagi sebagian orang pula, isu itu tidak akan pernah basi bila digarap dengan cerita dan sudut pandang yang menarik, seperti dalam film Vedaa ini.

Secara keseluruhan, Vedaa tampil apik sebagai sebuah film yang menggambarkan kebobrokan negara India sebagai sebuah negara di Asia yang terkenal dengan sistem kesenjangan sosialnya yang tinggi, di mana pemisahan kasta yang begitu mencolok. Selama berabad-abad, kasta telah mendikte hampir setiap aspek kehidupan agama dan sosial orang India, dengan setiap kelompok menempati tempat tertentu dalam hierarki yang amat kompleks ini.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Tulang Belulang Tulang
Hounds of War
BLINK TWICE
JUNG KOOK: I AM STILL

COMING SOON

MaXXXine
Senyum Manies Love Story
Yudhra
Lemah Santet Banyuwangi