Loading your location

Review Laal Singh Chaddha: Forrest Gump Versi India

By Ekowi14 Agustus 2022

Siapa sangka orang dengan IQ rendah ternyata bisa memiliki pengalaman hidup yang luar biasa? Ya, itulah yang dialami oleh pria sederhana bernama Laal Singh Chaddha (Aamir Khan) di India. Meski tingkat kecerdasannya rendah dan ada keterbatasn fisik, namun ia memiliki segudang prestasi yang terbilang sulit diraih oleh manusia normal sekalipun.

Dengan segala keterbatasannya Chadda mampu menjadi atlet lari nasional, berprestasi sebagai prajurit angkatan darat, dan CEO sebuah startup. Luar biasa, bukan? Tapi, Dibalik semua kesuksesannya itu ada satu keinginannya yang belum tercapai, yakni bertemu pujaan hatinya bernama Rupa (Kareena Kapoor). Dia masih memiliki cinta untuk wanita yang belum dia temui selama bertahun-tahun itu.

Itulah beberapa potongan kisah yang tersaji dalam produksi terbaru Paramount Pictures berjudul Laal Singh Chaddha. Menurut penulis, sebagai versi daur ulang dari film legendaris Forrest Gump (1994), film ini terbilang cukup berhasil. Setidaknya ada tiga alasan mengapa karya sutradara Advait Chandan itu layak untuk ditonton.

Pertama, bagi yang sudah menonton Forrest Gump, film ini akan membawa penontonnya untuk bernostalgia lewat jalan cerita dan momen-momen yang mirip dengan yang ada di arahan sutradara Robert Zemeckis tersebut. Meski tidak melakukan banyak perubahan, namun Chandan terbilang sukses memasukkan unsur budaya India ke dalam Laal Singh Chaddha sehingga tetap memiliki diferensiasinya sendiri.

Kedua, film ini juga bisa dikatakan sukses menghadirkan sensasi yang sama mengapa banyak orang menyukai sosok seperti Gump dan Chadda. Menurut penulis, Laal Singh Chaddha memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi penontonnya untuk senantias optimis menjalani hidup, meski memiliki keterbatasan. Terlebih keduanya pun sama-sama memiliki kepribadian yang menyenangkan.

Ketiga, layaknya Gump, kepolosan, ketulusan, serta kesederhanaan Chadda juga dijamin bakal menyentuh hati penontonnya. Dan itu dilakoni dengan sangat baik oleh Aamir Khan. Tapi, menurut penulis, harus diakui bahwa pembawannya sangat mirip dengan karakter-karakter ikonik yang pernah dimainkannya di film PK (2014) atau 3 Idiots (2019). Apakah hal tersebut menjadi negatif? Silakan sobat nilai sendiri.

Penasaran seperti apa penampilan apik Aamir Khan? Saksikan segera Laal Singh Chaddha yang sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Jangan lupa cek jadwal tayangnya di sini ya! Selamat menonton.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Keluar Main 1994
Pemandi Jenazah
Eksil
Arthur the King

COMING SOON

Catatan Harian Menantu Sinting
The Architecture of Love
PENGANTIN IBLIS
SUGA | Agust D TOUR 'D-DAY' THE MOVIE