Loading your location

Review Love Again: Sweet, Romantic, and Fresh!

By Ekowi10 Mei 2023

Melewati fase setelah berpisah dengan sang pujaan hati memang tak bisa diremehkan. Bagi orang yang susah move on, melewati fase ini membutuhkan perjuangan setengah mati. Tak jarang, berbagai aktivitas dilakukan agar pikiran teralihkan dan tak melulu galau. Berpuluh-puluh film Hollywood pun telah lahir dengan mengangkat tema tersebut, seperti yang dilakukan oleh sineas Jim Strouse lewat film Love Again ini, yang merupakan remake dari film Jerman yang berjudul SMS FÜR DICH.

Love Again berkisah tentang Mira Ray (Priyanka Chopra Jonas) yang harus kehilangan tunangannya yang bernama John (Arinzé Kene) karena sebuah kecelakaan. Penulis dan ilustrator buku anak ini pun harus menanggung kesedihan selama 2 tahun setelah kepergian tunangannya tersebut dengan mengirim pesan-pesan romantis ke nomor lama milik John.

Tidak disangka, pesan-pesan yang selama ini ia pikir tidak akan pernah dibaca oleh siapapun, ternyata sampai ke seorang jurnalis dan kritikus musik sebuah majalah bernama Rob Burns (Sam Heughan). Berawal dari pesan tersebut, Rob yang penasaran akhirnya mencari siapa pengirim pesan tersebut hingga akhirnya mengetahui bahwa Mira lah yang mengirimnya.

Rob lalu terpikat oleh kejujuran dan perasaan tulus dari rangkaian pesan Mira tadi. Ketika Rob ditugaskan untuk menulis profil Celine Dion (yang diperankan langsung oleh sang mega bintang), dia meminta bantuannya untuk mencari tahu cara bertemu Mira secara langsung, dan meminta cara untuk memenangkan hatinya.

Well, apakah sinopsis di atas terasa mustahil? Yes, meski memang kisah cinta di atas tadi berada di luar nalar atau logika banyak orang, a one in million case, namun sebuah romantic comedy tidak melulu harus menjadi realistis serta dapat terjadi dalam kehidupan nyata. Bahwa genre yang kerap tampil dengan konstruksi formulaic serta jalinan cerita yang predictable tersebut punya image yang ringan, santai, feel-good namun tentu saja harus tetap tepat sasaran dalam bercerita. Tidak heran yang dibutuhkan juga sederhana, yakni konflik yang klise ditemani dialog dan humor lucu lalu bungkus mereka dengan kehangatan yang terpancar dari karakter yang likeable bahkan loveable. Nah, semua hal-hal tersebut dimiliki oleh film ini.

Berangkat dari premis simpel tadi, ada pendekatan yang tergolong sederhana namun manis yang digarap oleh Jim Strouse selaku sutradara, sebuah perasaan yang tersembunyi tapi dapat sobat nonton rasakan terjadi di dalam diri Mira dan Rob terhadap komitmen mereka di dalam hubungan tiba-tiba tadi. Kisah seperti ini biasanya akan menjadi stereotip, tapi di sini Jim Strouse justru hanya sebatas mendorong dua karakter utama “menemukan” kehidupan nyaman yang selama ini absen di dalam hidup mereka. Keduanya dapat saling mengisi dan dalam waktu singkat merasa percaya akan takdir.

Ya, bukanlah sebuah spoiler karena tipe film seperti ini jelas mudah untuk ditebak ke mana arah cerita dan bagaimana ia akan berakhir, disertai dengan air mata, gembira, luka, musik, dan bahagia. Tapi yang harus digarisbawahi di sini ialah lagi-lagi kemampuan si pembuat film untuk menjadikan kisah tersebut sebagai “crunchy escapism” tentang cinta. Dan Love Again berhasil berbicara dengan baik tentang beberapa hal sederhana namun penting terkait cinta dan mencintai, tanpa elemen magis yang absurd namun dengan staging yang cukup oke agar nantinya mendorong optimisme mendasar yang harus dimiliki tiap orang saat berurusan dengan perasaan suka dengan lawan jenisnya.

Poin-poin positif di atas otomatis membuat beberapa kekurangan yang terlihat jelas dalam film ini justru tidak terasa mengganggu. Ada kesan hangat yang oke walau memang tidak ada yang otentik di dalamnya, baik itu cerita maupun karakter. Kinerja akting para pemainnya pun tidak sekelas Oscar. Namun, hanya satu hal yang cukup diperlukan dalam film-film macam ini: chemistry. Dan itu berhasil diciptakan oleh dua karakter utama kita tadi. Di sepanjang durasinya, kita semua mampu dibuat yakin bahwa Priyanka Chopra Jonas dan Sam Heughan merupakan asset terbaik film ini. Di samping soundtrack berisikan beberapa lagu catchy dari diva Celine Dion dengan lirik yang seolah menjadi suara lain bagi sang karakter untuk bercerita.

Overall, Love Again adalah sebuah film yang cukup memuaskan. Dua insan yang tiba-tiba dipertemukan oleh takdir dan lantas belajar dari diri satu sama lain untuk menikmati momen dalam hidupnya sembari juga mengajari pasangannya untuk keluar dari bayangan kelam masa lalu. Sungguh sebuah skema klise rom-com, yang menariknya berhasil dibentuk oleh Jim Strouse menjadi sebuah sajian yang terasa segar. Love Again juga sukses menjadi kumpulan materi dan trik klasik genre rom-com yang menyatu dengan baik sebagai sebuah feel-good romantic comedy. Tontonlah film ini bersama pasangan sobat nonton!

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Dua Hati Biru
Civil War
Siksa Kubur
Abigail

COMING SOON

Inside Out 2
Dark Harvest
Kamen Rider Geats X Revice
Monkey Man