Loading your location

Review Rumah Masa Depan: Film Keluarga yang Sederhana dengan Nilai-Nilai yang Kuat

By Ekowi10 Desember 2023

Sebuah film yang diangkat dari serial televisi dan serial novel karya Ali Shahab yang amat populer di tahun 1980-an, Rumah Masa Depan, dengan judul yang sama telah tayang di bioskop seluruh Indonesia.

Berkisah tentang Sukri (Fedi Nuril) dan Surti (Laura Basuki) yang harus pulang ke kampung Cibeureum lantaran Pak Musa (Cok Simbara), yaitu ayah Sukri, meninggal dunia. Tapi setelah pemakaman, keluarga Sukri tidak bisa langsung kembali ke Jakarta karena Bu Musa (Widyawati) dituduh terlibat kasus kriminal.

Alhasil, suasana keluarga makin tak menentu karena "api dalam sekam" konflik lama yang terjadi antara Bu Musa dan Surti justru menjadi makin berkobar. Sedangkan kedua anak mereka, Bayu (Bima Azriel) dan Gerhana (Ciara Brosnan) mulai nyaman bertemu teman-teman baru, Cempaka (Maisha Kanna) dan Sangaji (Zayyan Sakha).

Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk bertualang mencoba membantu menyelesaikan masalah keluarga. Dapatkah konflik ibu mertua dan menantu terselesaRumah ikan demi kebahagiaan keluarga?

Menurut penulis, produksi terbaru Mizan Pictures dan Max Pictures ini jatuh ke tangan sutradara yang tepat, yakni Danial Rifki. Pasalnya, ia paham batas pemisah antara dramatisasi dengan eksploitasi, serta kapan dan seberapa penting hal tersebut perlu diterapkan di sebuah film. Dengan begitu, Rumah Masa Depan terhindar dari potensi menjadi suguhan yang penuh penderitaan dan tangisan.

Rumah Masa Depan juga terbilang mampu menawarkan jawaban logis dan relevan jika dihadapkan pada kondisi sosial kekinian. Beberapa perubahan memang perlu dilakukan, namun sang sutradara tak mengkhianati substansi materi asalnya dan bahkan masih sempat menyelipkan momen-momen ikonik dari serialnya dalam kadar yang tepat.

Danial juga terlihat sekali tidak mengadaptasi secara mutlak serialnya. Ia mencoba memberikan beberapa diferensiasi dan menyegarkannya lewat para pemeran pendukung, terutama Tomy Babap yang sukses memancing tawa lewat gayanya yang hiperbola.

Overall, Rumah Masa Depan adalah sebuah film yang menyajikan nilai kekeluargaan sederhana tentang memiliki dan dimiliki, menjaga dan dijaga. Ketika semua bersatu dalam harmoni, segala masalah pastilah sirna. Dan itu semua disuguhkan tanpa mengeksploitasi penderitaan dan kesedihan yang berlebihan.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Kingdom of the Planet of the Apes
Dua Hati Biru
Kung Fu Panda 4
Abigail

COMING SOON

Bad Boys: Ride or Die
LAFRAN
Do You See What I See: Cerita Horor Episode #64 First Love
Moana 2