Loading your location

Review Transformers One: Salah Satu Animasi Terbaik Tahun Ini

By Ekowi12 September 2024

Tentu saja, bagi sebagian penonton, memori mereka akan sebuah film Transformers akan diisi oleh sederetan adegan kekacauan yang melibatkan banyak robot yang seringkali sukar untuk diidentifikasi, karakter-karakter manusia dengan pengisahan yang terbatas, serta sosok wanita dengan penampilan fisik yang cukup memanjakan mata.

Namun, bagi sebagian penonton lainnya, Transformers merupakan seri film yang secara konsisten menghadirkan sajian aksi yang memikat dengan bantuan tata efek visual yang begitu memukau, walau mereka tetap tidak akan mampu membantah lemahnya kualitas penulisan naskah cerita dalam setiap seri film ini.

Kini, sineas Josh Cooley coba menggambarkan asal-usul dan hubungan awal dari dua karakter utama waralaba Transformers yang bernama Optimus Prime dan Megatron, serta bagaimana mereka berdua akan mengubah nasib Cybertron, planet asal Transformers dalam sebuah film animasi berjudul Transformers One.

Dikisahkan, Planet Cybertron sedang dipimpin oleh robot bernama Sentinel Prime (Jon Hamm). Di sana, para robot yang tidak bisa bertransformasi akan ditugaskan berkerja di tambang, untuk mengambil energon sebagai sumber energi mereka. Orion Pax (Chris Hemsworth) dan D-16 (Brian Tyree Henry) adalah dua robot pekerja tambang yang suatu ketika membuat masalah hingga mereka berdua harus dibuang ke lantai paling bawah yang hanya dihuni oleh robot bernama B-127 (Keegan-Michael Key).

Mereka lalu tanpa sengaja menemukan sebuah suar pertolongan dari seorang petinggi Prime bernama Alpha Trion (Laurence Fishburne) pada sebuah lokasi di atas permukaan planet. Mereka pun lalu mencari cara untuk menuju lokasi tersebut, dan petualangan mereka pun baru saja dimulai.

Film animasi yang juga bertindak sebagai prekuel dari semua film live-action Transformers ini ternyata memiliki premis yang sangat menarik dan cukup berbeda dengan film-film dari waralaba Transformers lainnya. Walaupun Transformers One memiliki pendekatan animasi, akan tetapi rumah produksi Paramount Pictures sama sekali tidak menyia-nyiakan hal tersebut. Itu terbukti dengan kualitas film ini yang melampaui ekspektasi penulis.

Lihatlah saja sinematografi film ini yang bermain-main dengan komposisi warna, color grading, dan pencahayaan yang cukup memanjakan mata. Belum lagi jika kita membahas kualitas animasi 3D di film ini yang dengan amat detail dan realistis tatkala melukis para karakter-karakter robotnya.

Mengangkat tema "from best friends to enemies" dan "from zero to hero", penulisan film ini bisa dibilang amat rapi dan mendalam, serta dijamin akan membuat sobat nonton langsung terkoneksi dengan karakter-karakter yang ada, khususnya hubungan persahabatan antara Orion Pax (Optimus Prime) dan D-16 (Megatron) yang kedekatannya terasa hangat di awal hingga terjadi perselisihan yang memecahkan hubungan mereka berdua.

Dan pada akhirnya, Transformers One jelas merupakan salah satu animasi terbaik di tahun 2024 ini dan juga sangat direkomendasikan bagi kalian penggemar waralaba Transformers. Tapi tenang, jika sobat nonton bukan pemirsa setia waralaba tersebut, Transformers One pastikan akan tetap memanjakan mata kalian dengan kualitas animasinya yang top notch.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Lembayung
Beetlejuice Beetlejuice
THE TORTURE: BERANAK DALAM KUBUR
Pilot

COMING SOON

WEEKEND IN TAIPEI
Perewangan
Rest Area
GJLS