Loading your location

Ini Dia Para Pemenang Piala Citra Festival Film Indonesia 2023

By Ekowi16 November 2023

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 telah digelar di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta. Acara ini disiarkan secara eksklusif di akun Instagram dan kanal YouTube Festival Film Indonesia, serta kanal Youtube Kemendikbud RI dan Budaya Saya. Setelah melalui berbagai tahapan penjurian, akhirnya malam yang ditunggu tiba.

Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI menyampaikan komitmen dan selamat kepada para peraih Piala Citra, “Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentu berkomitmen untuk terus hadir memberikan dukungan konkret pada ekosistem kesenian dan kebudayaan khususnya ekosistem perfilman Indonesia. Selamat untuk para peraih Piala Citra, semoga terus menjadi inspirasi bagi para sineas untuk terus semangat untuk berkarya. Kami juga akan terus mendorong lahirnya karya-karya berkualitas melalui dukungan dan fasilitasi untuk para sineas demi terwujudnya Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya.”

Acara dimeriahkan penampilan oleh Rossa dan Iwan Fals yang membawakan lagu-lagu hits dan lagu yang pernah menjadi lagu tema film nasional. Selain duta FFI 2023 yakni Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, dan Chicco Kurniawan, daftar nominasi dan pemenang juga dibacakan oleh para sineas peraih Piala Citra FFI terdahulu, yakni Adipati Dolken, Chicco Jerikho, Chitra Subyakto, Cut Mini, Dian Sastrowardoyo, Emir Mahira, Gita Fara, Ifa Isfansyah, Joko Anwar, Marissa Anita, Melly Goeslaw, Reza Rahadian, Salman Aristo, Slamet Rahardjo Djarot, Tissa Biani, Titi Radjo Padmaja, dan Dewan Juri Akhir FFI kategori Film Cerita Panjang 2023.

Dewan Juri Akhir dan Dewan Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film telah berembuk hingga akhir Oktober 2023 untuk menentukan masing-masing penerima 23 kategori penghargaan Piala Citra dan penghargaan khusus FFI 2023. Mereka terdiri dari 8 juri Film Cerita Panjang, 3 juri Film Cerita Pendek, 3 juri Film Animasi Pendek, 3 juri Film Dokumenter yang menilai Film Dokumenter Pendek dan Film Dokumenter Panjang, dan 3 juri untuk kategori Kritik Film, serta 3 anggota Dewan Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film.

Dewan Juri Akhir untuk kategori Film Cerita Panjang terdiri dari Agni Ariatama, Andhy Pulung, Ekky Imanjaya, J.B. Kristanto, Raihaanun, Sekar Ayu Asmara, Shanty Harmayn, dan Yayu Unru. Dewan Juri Akhir untuk kategori Film Cerita Pendek terdiri dari B.W. Purbanegara, Nauval Yazid, dan Shuri Mariasih Gietty Tambunan. Dewan Juri Akhir untuk kategori Film Animasi terdiri dari Aditya Triantoro, Daryl Wilson, dan Wardana Riza.

Dewan Juri Akhir untuk kategori Film Dokumenter terdiri dari Arfan Sabran, Yuda Kurniawan Arifianto, dan Yuli Andari Merdikaningtyas. Dewan Juri Akhir untuk kategori Kritik Film terdiri dari Annisa Rachmatika Sari, Anton Sutandio, dan I Gusti Agung Ketut Satrya Wibawa. Dewan Pengabdian Seumur Hidup Untuk Film adalah Christine Hakim, J.B. Kristanto, dan Slamet Rahardjo Djarot.

Selain itu, diumumkan juga pemenang Film, Aktor, dan Aktris Pilihan Penonton yang akan menerima penghargaan khusus, yaitu Penghargaan Lilik Sudjio untuk Film Pilihan Penonton, Penghargaan A.N. Alcaff untuk Aktor Pilihan Penonton, dan Penghargaan Dhalia untuk Aktris Pilihan Penonton. Penggunaan nama yang berubah setiap tahun ini sebagai bagian dari upaya Komite FFI 2021-2023 untuk mengenalkan kembali masyarakat penonton film Indonesia peran para sineas yang telah berkontribusi dalam sejarah dan perkembangan industri film Indonesia.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1955, Festival Film Indonesia (FFI) digagas sebagai barometer perkembangan kualitas perfilman Indonesia. Melalui berbagai penghargaan yang diberikan, publik dan kalangan perfilman sendiri bisa membaca pencapaian terbaik yang dihasilkan pekerja film tanah air selama setahun terakhir. FFI 2023 menghadirkan tema Piala Citra yang diambil dari nama piala penghargaan.

Piala Citra disematkan sebagai nama anugerah perfilman Indonesia dan menjadi simbol supremasi tertinggi perfilman Indonesia. Piala Citra yang diberikan setiap tahun menjadi benang merah capaian perfilman Indonesia yang membentuk peta dinamika dan kemajuan perfilman Indonesia dahulu, kini, dan nanti. FFI 2023 sekaligus menutup periode Komite FFI 2021-2023 yang diketuai oleh Reza Rahadian.

“Tiga tahun ini merupakan perjalanan yang luar biasa. Kerja sama dan komunikasi para pihak yang telah memberikan dukungan penuh pada penyelenggaraan FFI di setiap tahunnya berjalan dengan sangat baik. Di akhir periode kepengurusan Komite Film Festival Indonesia 2021-2023, saya berharap FFI tetap bisa menjaga transparansi, kejujuran, dan ketidakberpihakan kepada insan film untuk perfilman Indonesia yang terus bergerak maju,” kata Ketua Komite FFI Periode 2021-2023 Reza Rahadian.

Berikut daftar lengkap pemenang Piala Citra FFI 2023.

Pemeran Utama Pria Terbaik:
Reza Rahardian - Berbalas Kejam

Pemeran Utama Perempuan Terbaik:
Sha Ine Febriyanti - Budi Pekerti

Sutradara Terbaik:
Jeremias Nyangoen - Women from Rote Island

Film Cerita Panjang Terbaik:
Women from Rote Island

Pemeran Pendukung Pria Terbaik:
Marthino Lio - The Big 4

Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik:
Prilly Latuconsina - Budi Pekerti

Penulis Skenario Asli Terbaik:
Jeremias Nyangoen - Women From Rote Island

Penulis Skenario Adaptasi Terbaik:
M Irfan Ramli - 24 Jam Bersama Gaspar

Pengarah Sinematografi Terbaik:
Joseph Christoforus Folid - Women From Rote Island

Pengarah Artistik Terbaik:
Dita Gambiro - Like & Share

Penata Efek Visual Terbaik:
Kalvin Irawan - Sri Asih

Penyunting Gambar Terbaik:
Aline Jusria - Like & Share

Penata Suara Terbaik:
Aria Prayogi, M Ichsan Rachmaditta, Muhammad Akbar Patawari - Like & Share

Penata Musik Terbaik:
Abel Huray - Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Pencipta Lagu Tema Terbaik:
Yura Yunita, Donne Maulana, Marchella FP - Jalan Pulang; Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang

Penata Busana Terbaik:
Retno Ratih Damayanti - Puisi Cinta yang Membunuh

Penata Rias Terbaik:
Aktris Handradjasa - Sri Asih

Film Animasi Pendek Terbaik:
Truntung

Film Cerita Pendek Terbaik:
Evakuasi Mama Emola

Film Dokumenter Panjang Terbaik:
Eksil

Film Dokumenter Pendek Terbaik:
Wisisi Nit Meke

Penghargaan Tanete Pong Masak (Karya Kritik Film Terbaik):
Like & Share: Yang Tidak Tertangkap Layar dari Rekaman KBGO - Permata Adinda

Penghargaan Dhalia FFI 2023 (Aktris Pilihan Penonton):
Rachel Vennya - Sleep Call

Penghargaan A.N Alcaff FFI 2023 (Aktor Pilihan Penonton):
Refal Hady - Ketika Berhenti Di Sini

Penghargaan Lilik Sudio FFI 2023 (Film Pilihan Penonton):
Ketika Berhenti Di Sini

Penghargaan Pengabdian Seumur Hidup Piala Citra FFI 2023:
1. H.M Soleh Ruslani
2. Raam Punjabi

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

The Roundup: Punishment
Dune: Part Two
aespa: WORLD TOUR in cinemas
Badarawuhi di Desa Penari

COMING SOON

Malam Pencabut Nyawa
The Wild Robot
Mobile Suit Gundam Seed Freedom
Mbutik