Loading your location

Review Pathaan: Penuh Action Seru dari Awal Sampai Akhir

By Ekowi26 Januari 2023

Ada alasannya kenapa Shah Rukh Khan dijuluki King of Bollywood di era sekarang atas konsistensinya menarik penonton sejak film Dilwale Dulhania Le Jayenge, lalu berlanjut ke Dil To Pagal Hai dan puncak dari segalanya, yakni Kuch Kuch Hota Hai yang membawa nama Bollywood ke status internasional.

Masih banyak pula film-film sukses fenomenalnya setelah itu, seperti saat Shah Rukh Khan dipasangkan dengan aktris cantik Deepika Padukone dalam tiga judul film fenomenal, yakni Om Shanti Om, Chennai Express, dan Happy New Year.

Kini, mereka berdua kembali dipasangkan dalam film action ambisius yang berjudul Pathaan. Oleh banyak media, Pathaan disebut-sebut sebagai film action berskala besar pertama yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Pathaan juga merupakan film comeback Shah Rukh Khan setelah vakum selama empat tahun lamanya dari dunia layar perak.

Film Pathaan bercerita tentang seorang agen rahasia India yang bernama Pathaan (Shah Rukh Khan). Pathaan dikabarkan hilang selama kurang lebih tiga tahun saat penugasannya yang terakhir. Belakangan diketahui, Pathaan ternyata ditangkap oleh para teroris yang kemudian mengurungnya.

Demi informasi, teroris terus menyiksa Pathaan agar mau membuka mulut. Namun Pathaan tak bergeming, hingga akhirnya dia berhasil meloloskan diri dari sekapan para teroris tersebut. Sementara itu, ada seorang agen rahasia lain bernama Rubina Mohsin yang diperankan Deepika Padukone yang berupaya memburu Shabir Ansari (John Abraham), seorang gembong kriminal yang paling dicari.

Meski berupaya sekerasnya, ternyata gembong kriminal ini sangat lihai dan licin, dan perburuan pun gagal. Hingga akhirnya Rubina pun bertemu dengan Pathaan, dan bergabung memburu gembong kriminal yang paling dicari di seantero India tersebut.

Bollywood rupanya tidak main-main dengan rencananya untuk kembali menjadi penguasa di industri perfilman Asia setelah beberapa tahun terakhir Jepang dan Korea Selatan yang makin mendominasi. Jika dulu Bollywood identik dengan kisah cinta picisan dan diselingi dengan belasan lagu di film-filmnya, maka sekarang, mereka tampak jauh lebih serius dalam menggarapnya.

Bukan berarti film-film terdahulu hanya sekadar main-main, kali ini para sineas telah meningkatkannya ke level yang lebih tinggi sehingga masyarakat internasional bisa menerimanya. Jika sobat nonton tidak percaya, silahkan saja simak Pathaan. Pathaan boleh jadi merupakan versi India dari Mission: Impossible ataupun film-film seri James Bond.

Sobat nonton tentu masih ingat bagaimana serunya Mission: Impossible Ghost Protocol, bukan? Tanpa bermaksud berlebihan. Setelah menonton, sobat nonton pun sah-sah saja jika menyebut Pathaan memiliki tone yang nyaris serupa dengan film tersebut. Dikemas dalam tontonan penuh aksi, naskah yang pintar, dan kasting yang sempurna.

Berbeda dari film-film SRK terdahulu seperti Kuch Kuch Hota Hai bahkan Dilwale Dulhania Le Jayenge yang telah disebutkan sebelumya, Pathaan adalah film milik Siddharth Anand, sineas yang terkenal punya spesialisasi genre Bollywood yang dikenal dengan istilah hindi masala. Sebuah sub-genre yang mencampuradukkan action, komedi dan drama dalam porsi bombastis ala India.

Lihat saja apa yang sudah dilakukannya dengan hit-hit terbaiknya dari Bang Bang dan WAR. Paduannya memang kerap terkesan absurd dengan misplacement comedies dan dramatisasi plus adegan-adegan aksi yang over the top, namun tentu tetap menjual satu hal yang digemari penggemar film Bollywood, sebuah hiburan murni.

Sebagai sebuah film India, Pathaan sama sekali tidak berasa India. Sang sutradara lebih memilih untuk mengajak sobat nonton jalan-jalan ke berbagai penjuru dunia ketimbang hanya berputar-putar di negeri India. Romansa picisan serta nyanyian dan tariannya pun tidak terlalu ditonjolkan. Adegan aksinya diramu dengan lebih intens. Sungguh seru, menegangkan, dan brilian. Sobat nonton dijamin betah untuk duduk manis sepanjang dua setengah jam di kursi bioskop tanpa melongok jam tangan berkali-kali.

Siddharth Anand tahu benar bagaimana cara menjamu tamunya. Suguhi dengan gadis-gadis cantik dan pameran action keren sebagai pemanis, jalan cerita yang cerdik sebagai menu utama, dan ditutup dengan adegan aksi seru yang tiada henti.

Namun tentu saja jamuan ini tidak akan terasa manis apabila Siddharth Anand tidak memberikan bumbu yang bernama Shahrukh Khan. Akting apiknya sebagai seorang agen rahasia sanggup menutupi berbagai kelemahan yang muncul. Ditambah seorang cameo yang akan membuat sobat nonton makin menganga dibuatnya!

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Godzilla x Kong: The New Empire
The First Omen
YOLO
Challengers

COMING SOON

HOW TO MAKE MILLIONS BEFORE GRANDMA DIES
The Color Purple
Petak Umpet
PENGANTIN IBLIS