Loading your location

Review The Moon: Film Komplit yang Suguhkan Sedih, Bahagia, dan Tawa Jadi Satu

By Ekowi10 Agustus 2023

Bicara mengenai sutradara terbaik di Korea Selatan, rasanya kurang lengkap tanpa nama Kim Yong Hwa. Sederet judul-judul beken seperti Along with the Gods, Ashfall, dan Escape from Mogadishu telah membuktikan tangan dinginnya. Selain menyutradarai film, Kim juga mendalami dunia penulisan naskah hingga menjadi seorang produser. Beberapa penghargaan pun telah diraihnya, seperti di Rochester International Film Festival dan WorldFest-Houston International Film Festival.

Kini, Kim Yong Hwa hadir dengan film terbarunya yang berjudul The Moon. The Moon dibintangi oleh D.O. EXO yang berperan sebagai Hwang Sun Woo, seorang mahasiswa jurusan fisika molekuler dan mantan tentara Underwater Demolition Team (UDT) yang bergabung dengan pesawat luar angkasa berawak pertama Korea Selatan sebagai anggota termuda.

Saat Hwang Sun Woo menjalankan misinya, terjadi badai matahari yang menerjang pesawat yang ditumpanginya beserta dua astronot lainnya. Akibat badai tersebut, seluruh rekan Sun Woo tewas dan hanya tersisa Sun Woo yang terdampar di ruang angkasa yang berjarak lebih dari 384.000 kilometer dari Bumi.

Tapi, Sun Woo tetap bertekad untuk menyelesaikan misinya karena ia ingin menjadi astronot Korea Selatan pertama yang dapat menginjakkan kakinya di bulan.

Film tentang bertahan hidup di ruang sempit memang selalu menarik, karena diperlukan eksekusi yang benar-benar tepat untuk membuat penonton ikut terbawa masuk ke dalam filmnya. Dan boleh dibilang, The Moon menjadi salah satu film yang berhasil menjalankan misi tersebut. Sobat nonton dijamin akan ikut terbawa ke dalam momen-momen emosional yang ditampilkan.

Sineas Indonesia harusnya merasa iri dengan perfilman Korea Selatan yang sudah sangat maju dan berani mengexplore genre dan cerita yang menantang. Belum lagi kreasi CGI mereka yang tampil nyaris sempurna di layar. Semuanya sangat rapi. Lihatlah shot-shot close up di film ini yang memperlihatkan desain produksi yang cukup detil sebagai buktinya.

Membahas film asal Korea Selatan, seperti yang sudah kita semua ketahui, pasti akan dibalut dengan drama yang kental. Dalam The Moon, Hubungan personal antara astronot Hwang Sun Woo dan mantan kepala Space Center Kim Jae Guk (Sol Kyung Gu) adalah sorotan utama yang membuat film ini menjadi semakin menarik di sepanjang durasinya.

Selain itu, eskalasi konflik yang semakin naik menjelang babak akhir, turut andil dalam menciptakan ketegangan yang dampaknya terasa ke setiap penonton. Adegan-adegan di ruang kontrol contohnya, dibuat sedemikian rupa untuk membawa luapan emosi negatif dan positif secara bergantian.

Pada akhirnya, The Moon menjadi satu lagi film Korea Selatan tahun ini yang berhasil membuat seisi bioskop melemparkan luapan emosi sedih, bahagia, dan tawa menjadi satu. Maka dari itu, jangan lupa membawa tisu jika ingin menonton film ini!

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Civil War
Pulang Tak Harus Rumah
Badarawuhi di Desa Penari
Glenn Fredly: The Movie

COMING SOON

Scream VI
Perewangan
Haikyuu!! The Dumpster Battle
Ipar Adalah Maut