Loading your location

Ini Kata Joko Anwar Soal Teori Para Penggemar Film 'Siksa Kubur'

By Ekowi25 April 2024

Sutradara 'Siksa Kubur', Joko Anwar, akhirnya buka suara pasca karya terbarunya itu ramai menjadi bahan diskusi di media sosial. Mengutip cnn.com, keriuhan itu muncul lantaran beredarnya berbagai teori mengenai film horor religi tersebut.

Sang sutradara memberi isyarat bahwa sudah ada beberapa teori penonton yang sesuai dengan niatnya. Tapi, Joko menegaskan bahwa ia tidak berhak mengonfirmasi berbagai teori tersebut.

"Banyak sekali teori-teori yang sudah keluar di media sosial. Ada beberapa yang mendekati, ada yang tidak mendekati," ungkap Joko Anwar pada Jum'at (19/4) lalu kepada CNNIndonesia.com.

"Namun, saya sebagai filmmaker yang membuat filmnya, tidak punya hak untuk menjawab itu benar atau tidak karena itu adalah ranah dari penonton," lanjutnya.

Filmmaker berusia 48 tahun itu juga mengatakan bahwa cerita 'Siksa Kubur' meninggalkan berbagai tanda tanya supaya dapat memantik diskusi.

Pasalnya, Joko meyakini bahwa berbagai pertanyaan yang muncul dan menjadi bahan diskusi itu adalah nilai plus bagi sebuah film. Ia pun mengaku senang karena film horor terbarunya itu tidak hanya jadi obrolan pencinta film, tetapi juga masyarakat dari berbagai kalangan.

"Memang seperti yang saya bilang, Siksa Kubur ini dibuat untuk menjadi bahan diskusi," ujar Joko Anwar.

"Saya merasa bahwa kalau misalnya film bisa didiskusikan bukan hanya oleh penikmat film, rakyat siapa pun bisa berdiskusi soal film, saya rasa itu menjadi nilai tambah untuk sebuah film," lanjutnya.

Melansir cnn.com, teori tentang 'Siksa Kubur' marak bermunculan sejak perilisan film itu pada 11 April 2024. Sebagian besar teori itu berusaha menjawab pertanyaan yang muncul dalam cerita.

Penonton berlomba-lomba mengungkapkan teori dan interpretasi mereka terhadap perjalanan hingga peristiwa yang dialami Sita (Faradina Mufti) dan Adil (Reza Rahadian).

Interpretasi para penonton semakin beragam lantaran 'Siksa Kubur' ditutup dengan ending yang bermakna luas. Di sisi lain, penonton juga "berburu" easter egg 'Siksa Kubur' dan dihubungkan dengan karya terdahulu Joko Anwar.

'Siksa Kubur' sendiri merupakan proyek terbaru Joko Anwar yang telah menggarap sembilan film panjang sejak debut melalui Janji Joni (2005).

Sebelumnya, Joko juga telah merilis sejumlah film horor, seperti Pengabdi Setan (2017), Perempuan Tanah Jahanam (2019), hingga Pengabdi Setan 2: Communion (2022).

Siksa Kubur dibintangi oleh deretan aktor papan atas lintas generasi. Faradina Mufti dan Reza Rahadian didapuk sebagai pemeran utama, bersama Muzakki Ramdhan, Widuri Puteri, Fachri Albar, dan Happy Salma.

Film ini juga turut dibintangi oleh Arswendy Bening Swara, Slamet Rahardjo, Christine Hakim, Jajang C. Noer, Niniek L. Karim, hingga Djenar Maesa Ayu dan Putri Ayudya.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Mencadin: Dendam Pocong
The Fall Guy
Siksa Kubur
The Roundup: Punishment

COMING SOON

A Quiet Place: Day One
Perempuan Berkelamin Darah
Kuasa Gelap
Jurnal Risa The Movie