Loading your location

Review Home Sweet Loan: Generasi Sandwich Bisa Punya Rumah?

By Ekowi28 September 2024

Kaluna (Yunita Siregar), pegawai bagian umum, bermimpi membeli rumah demi keluar dari rumah dengan tiga kepala keluarga, Ayah dan kedua kakaknya. Namun, gajinya yang tak pernah menyentuh dua digit membuatnya serasa bermimpi untuk memiliki rumah idaman yang minimal dekat dengan Jakarta.

Dengan modal usaha ngirit, kerja sampingan sebagai model bibir, dan pinjaman kantor, Kaluna bersama tiga sahabatnya berjuang menemukan rumah yang sesuai. Di tengah segala perjuangannya, ia tiba-tiba harus dihadapkan pada keputusan finansial keluarga yang sulit, yakni antara memperjuangkan rumah atau keluarganya.

Itulah kisah yang tersaji dalam karya terbaru Sabrina Rochelle Kalangie berjudul Home Sweet Loan. Menurut penulis, produksi teranyar Visinema Pictures ini menunjukkan kembali kualitas yang dimiliki Sabrina selaku sutradara. Gaya bertuturnya yang selalu sederhana dan kalem lagi-lagi berhasil membuat nyaman untuk masuk ke dunia sang pemeran utama di film ini, Kaluna, dengan riuh gemuruh dunianya sebagai seorang generasi sandwich.

Selain itu, menurut penulis, film ini juga terbilang mampu mengajak penontonnya untuk merefleksi diri, terutama soal perencanaa finansial dalam mewujudkan impian punya rumah sendiri, dan tantangan baru yang dihadapi ketika menginjak usia 30-an, hingga perkara tujuan hidup. Ada pula konflik-konflik terkait persahabatan, percintaan, serta keluarga yang sepertinya juga pernah dirasakan oleh banyak orang.

Yang juga menarik, Home Sweet Loan menampilkan penggambaran soal perkara survei rumah yang bisa menjadi referensi bagi siapa saja yang memiliki impian dalam membeli rumah. Mulai dari menimbang soal luas lahan dan bangun, akses, pertimbangan untuk kredit atau cash keras, dan proyeksi ketika ada rencana menikah dan memiliki anak.

Namun secara keseluruhan, film ini terbilang cukup ringan dan menyenangkan untuk dinikmati meski menyuguhkan sejumlah momen yang mengharukan serta mengandung banyak inspirasi khususnya terkait pentingnya memiliki literasi keuangan. Happy watching!

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

Tebusan Dosa
Love in The Big City
KUTUKAN CALON ARANG
Jigra

COMING SOON

The Buckingham Murders
Anak Medan: Cocok Ko Rasa?
THE BELL : PANGGILAN UNTUK MATI
Orang Dalam