Loading your location

Review Sakaratul Maut: Punya Tiga Karakter Kuat yang Layak Diacungi Jempol

By Ekowi05 Agustus 2024

Pak Wiryo (Yose Rizal) dan istri pertamanya (Retno Yunitawati) mengalami kecelakaan maut. Istrinya tewas di tempat, sedangkan Pak Wiryo jatuh koma dan sulit meregang nyawa. Tetangga bergosip Pak Wiryo bisa selamat karena ‘ngilmu’ dan punya ‘pegangan’.

Saat Pak Wiryo menghadapi sakaratul maut, anak-anaknya dari istri pertama (Indah Permatasari dan Della Erawati Dartiyan) dan istri kedua (Maryam Supraba) malah sibuk berebut harta warisan. Bersamaan dengan konflik itu, rentetan teror menyerang anak-anak Pak Wiryo.

Satu per satu dari mereka diteror Jin mengerikan. Apakah itu jin pegangan yang bersemayam di tubuh Bapak? Itulah kisah yang tersaji dalam produksi terbaru Rapi Films berjudul Sakaratul Maut. Menurut penulis, film yang disutradarai oleh Sidharta Tata ini tidak menawarkan hal baru, terutama terkait plot dan premisnya.

Tapi, sang sutradara bisa dibilang mampu bereksperimen dan menggerakkan setiap karakter di film ini dengan sangat baik. Ya, Sidharta Tata berhasil menciptakan ansambel trio wanita tangguh yang menjadi nyawa sekaligus daya tarik Sakararatul Maut. Tiap karakternya mampu memberi rasa iba dengan masalah hidup yang dihadapi masing-masing.

Menurut penulis, Claresta Taufan kembali mampu mencuri perhatian dengan penampilannya yang menarik. Ditunjang pula oleh akting Della Dartyan yang apik. Belum lagi akting totalitas dari Indah Permatasari yang sangat luar biasa dan layak masuk kandidat pemeran utama wanita terbaik di ajang festival film dalam negeri.

Selain itu, Sakaratul Maut pun mampu menyuguhkan visual sinematografi yang cukup cantik serta memanjakan mata dari tiga serangkai di atas tadi. Sinematografinya yang apik dengan didukung oleh blocking pemain yang baik, membuat pergerakan kamera berjalan mulus di banyak adegannya. Begitu pula dengan skoringnya yang mencekam namun efisien yang tidak melulu digeber di sepanjang film.

Jadi, meskipun film Sakaratul Maut memiliki premis dan plot yang cenderung tipikal, namun film ini masih amat layak disaksikan di layar bioskop, terlebih dengan penampilan dari jajaran cast-nya yang sukses mencuri perhatian.

Sobat nonton, jangan lupa bagikan tulisan ini ya!

NOW PLAYING

LAURA
Lembayung
DUL MULUK DUL MALIK
 Seni Memahami Kekasih

COMING SOON

GANGNAM ZOMBIE
Rest Area
Shark Hunter
KAMI (BUKAN) SARJANA KERTAS